Liga Indonesia

3 Srikandi Sepak Bola yang Disebut-sebut Pengganti Ratu Tisha

Sabtu, 18 April 2020 17:23 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Beberapa nama srikandi sepak bola Indonesia belakangan muncul dikaitkan dengan jabatan Sekjen PSSI menggantikan Ratu Tisha

Awal pekan ini, persepak bolaan Tanah Air dikejutkan oleh kabar mengenai Ratu Tisha. Tepat pada Senin (13/04/20) kemarin, Ratu Tisha tiba-tiba menyatakan mundur dari jabatannya selaku Sekjen PSSI.

Ratu Tisha mengumumkan langsung pengunduran diri tadi melalui akun Instagram pribadinya. Mengunggah video rekaman suaranya, Ratu Tisha mengucapkan pamit dan rasa terima kasih karena telah dipercaya mengemban tugas Sekjen PSSI sejak 2017 lalu.

"Hari ini Senin 13 April melalui surat ini saya resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jendral PSSI," buka Ratu Tisha dalam unggahannya.

"Saya bersyukur pernah meraih kesempatan bekerja untuk melayani anggota PSSI, pemain, pelatih, wasit, match comissioner, instruktur dan para pecinta sepak bola sejak 17 Juli 2017," lanjut Ratu Tisha.

Pasca mundurnya Ratu Tisha, pihak PSSI hingga kini belum jua mengumumkan secara resmi, sosok yang akan menggantikannya. Meski sudah mengantongi sejumlah nama, PSSI mungkin masih ingin mempertimbangkan matang-matang agar, yang terpilih nantinya merupakan sosok terbaik.

Hal yang cukup menarik, kandidat pengganti Ratu Tisha belakangan banyak memunculkan nama srikandi sepak bola Indonesia. Wanita-wanita hebat yang aktif dalam arena lapangan hijau nasional, terus diisukan bakal menjadi Sekjen PSSI berikutnya.

Annisa Zhafarina Qosasi

Annisa Zhafarina Qosasi namanya belakangan muncul memanaskan persaingan kandidat pengganti Ratu Tisha. Putri dari Presiden Madura United, Achsanul Qosasi ini diyakini punya kemampuan yang cakap untuk mengemban tugas sebagai Sekjen PSSI.

Andai Annisa Zhafarina Qosasi terpilih, mungkin dirinya bakal menghadirkan ide-ide yang lebih segar di dalam tubuh PSSI. Bagaimana tidak, usianya kini masih sangat muda, 24 tahun, tentu akrab dengan budaya kultur pop yang dapat memajukan sepak bola Indonesia.

Annisa Zhafarina Qosasi sendiri kini aktif di manajemen tim Liga 1 2020, Madura United. Ia berperan sebagai COO sekaligus Wakil Presiden Madura United, bertugas mengurusi marketing, penjualan, perencanaan, manajerial tim, atau mirip-mirip dengan tugas dari jabatan Sekjen PSSI.


Liana Tasno

Liana Tasno masuk pula ke dalam kandidat calon pengganti Ratu Tisha. Pengalamannya di bidang manajerial sepak bola Indonesia, membuat Liana Tasno diyakini punya kemampuan cakap untuk menduduki jabatan Sekjen PSSI yang baru.

Peran Liana Tasno sebelumnya pernah menjadi Manajer Brand dan Komunikasi Tumnas Indonesia, sekitar tahun 2017 hingga 2018 lalu. Cakupan manajerial Liana Tasno makin luas ke cabang olahraga lain, karena sempat bekerja di Indonesia Basketball League (IBL) dan INASGOC.

Saat ini, Liana Tasno mengukuhkan hatinya kepada klub sepak bola Liga 2, PSIM Yogyakarta. Ia bertanggung jawab atas jabatan Wakil Direktur Komersial PSIM Yogyakarta sejak 2019 lalu.


Maaike Ira Puspita

Satu lagi nama yang masuk ke persaingan calon pengganti Ratu Tisha, yakni Maaike Ira Puspita. Bahkan Maaike Ira Puspita disebut-sebut sebagai opsi terdepan yang akan menduduki jabatan Sekjen PSSI selanjutnya.

Bagaimana tidak, adik ipar dari Iwan Bule ini sebelumnya sudah bertugas sebagai Wakil Sekjen PSSI untuk Ratu Tisha sejak awal 2020. Maaike Ira Puspita pasti telah paham betul apa saja yang perlu dan wajib dilakukan oleh seorang Sekjen PSSI ketika bertugas.

Namun sekali lagi, PSSI hingga kini belum memberikan keputusan pasti. Kira-kira siapa yang akan terpilih di antara para srikandi sepak bola Indonesia tadi?