Bola Internasional

Guangzhou Evergrande Berencana Membuat Stadion Terbesar di Dunia

Minggu, 19 April 2020 22:31 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Forbes
Salah satu raksasa Liga Super Cina, Guangzhou Evergrande dikabarkan bakal membangun stadion terbesar sedunia. Copyright: © Forbes
Salah satu raksasa Liga Super Cina, Guangzhou Evergrande dikabarkan bakal membangun stadion terbesar sedunia.

INDOSPORT.COM - Salah satu raksasa Liga Super Cina, Guangzhou Evergrande dikabarkan bakal membangun stadion terbesar sedunia.

Dilansir dari ESPN, stadion terbesar sedunia tersebut akan dibangun di kota Guangzhou dengan estimasi dana mencapai 1,7 miliar dolar Amerika Serikat (26,2 triliun rupiah).

Stadion anyar milik Guangzhou Evergrande tersebut nantinya akan berdesain bunga lotus atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama bunga seroja.

Stadion tersebut diprediksi bakal berkapasitas 100 ribu tempat duduk dan akan selesai dibangun pada tahun 2022 nanti. Setelah selesai dibangun, stadion ini akan menjadi yang termegah di dunia, bahkan kapasitasnya akan mengalahkan kapasitas tempat duduk Camp Nou, kandang kebanggaan Barcelona.

“Stadion baru Guangzhou Evergrande akan menjadi salah satu bangunan kelas dunia yang bisa disandingkan dengan Sydney Opera House atau Burj Khalifa di Dubai. Dan yang terpenting stadion ini akan membawa sepakbola China ke level selanjutnya,” ujar Xia Haijun, presiden grup Evergrande dikutip dari Sina.

Xia menambahkan jika nantinya stadion ini diharapkan bisa dipakai untuk upacara pembukaan Piala Asia tahun 2023 mendatang.

Pembangunan stadion ini sejalan dengan keinginan China untuk kembali menjadi salah satu kekuatan sepak bola yang diperhitungkan di Asia. Mereka dikabarkan saat ini sedang mengejar pembangunan stadion kelas atas yang bisa dipakai untuk ajang-ajang internasional, terutama Piala Dunia.