Liga Spanyol

Mengenang Gol ‘Kembar Maradona’ Lionel Messi Ke Gawang Getafe

Minggu, 19 April 2020 14:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images
Selebrasi Lionel Messi usai mencetak gol di laga Barcelona vs Real Sociedad Copyright: © Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images
Selebrasi Lionel Messi usai mencetak gol di laga Barcelona vs Real Sociedad

INDOSPORT.COM – Tepat 13 tahun lalu, Lionel Messi, pernah menciptakan sebuah gol cantik yang populer dinamakan ‘Gol Maradona-esque’ kala membantu Barcelona melawan Getafe.

Tanggal 18 April kemarin menandai 13 tahun Lionel Messi mencetak sebuah gol indah kala tampil memperkuat Barcelona melawan Getafe di leg pertama semifinal Copa del Rey 2007 di Camp Nou.

Memasuki menit ke-28 babak pertama, Messi membuat seluruh penonton di Camp Nou bersorak lewat sebuah gol yang mengingatkan akan sosok Diego Armando Maradona.

Penyerang berkebangsaan Argentina itu menerima umpan bola dari rekan setimnya, Xavi Hernandez, dari sisi kanan lapangan. Dia kemudian berlari sambil mengiring bola melewati Pareds dan kemudian melakukan nutmeg ke arah Nacho.

Seorang diri, Messi terus membawa bola tersebut ke arah gawang Getafe. Dia kembali mampu melewati adangan Nacho, meninggalkan Alexis dan Belenguer yang mati kutu melihat aksi Messi.

Begitu memasuki kotak penalti gawang Getafe, Messi sempat diadang oleh Luis Garcia, namun berhasil melaluinya dan menggulirkan bola ke jaring gawang. Gol cantik itu menambah keunggulan Barcelona menjadi 5-2 atas Getafe.

Banyak yang mengatakan gol Lionel Messi kala itu adalah kembaran gol yang pernah diciptakan Maradona ketika sang legenda tampil memperkuat timnas Argentina melawan Inggris di perempat final  Piala Dunia 1986 Meksiko.

Cara menggiring bola Lionel Messi dan Maradona sama. Serangan itu berawal dari sisi yang sama pula di pertahanan kiri lawan. Demikian dengan banyak pemain yang dilewati hingga akhirnya gol itu menahbiskan Messi sebagai penerus takhta Maradona.

Messi dan Maradona sendiri memiliki karakter bermain bola serupa, yakni mengandalkan kaki kiri serta memiliki postur berbeda tipis. Selain itu, mereka adalah tipe pemain bola yang yang seketika bisa mengubah alur permainan.

Terlebih, gol itu menjadi tonggak kesuksesan Messi bersama raksasa LaLiga Spanyol. Pasalnya, ia terus menerus mencetak gol indah yang juga menambah koleksi gol pribadinya bersama Barcelona.

Messi pernah melakukan sundulan sempurna kala melawan Manchester United di final Liga Champions 2008-2009. Selain itu, dia pernah menciptakan gol ‘kelokan 9’ sewaktu Barca menyingkirkan Real Madrid di semifinal Liga Champions 2010-2011.

Sejauh ini, Messi menjadi pencetak gol terbanyak dari lima liga top Eropa (Spanyol, Inggris, Italia, Prancis, dan Jerman). Dia kini mengemas 438 gol dari 474 penampilan sepanjang kariernya di LaLiga Spanyol.

Jumlah gol Messi melewati milik Cristiano Ronaldo, yaitu 437 gol, dari 541 penampilan. Bedanya, bintang Portugal itu menorehkannya di tiga liga berbeda, yakni Inggris, Spanyol, dan Italia, bahkan kalau Liga Portugal dihitung bertambah menjadi 440 gol.