Liga Indonesia

4 Pemain Asing PSIS Semarang yang Beragama Islam di Era Liga 1

Senin, 20 April 2020 07:05 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Coro Mountana
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
4 Pemain Asing PSIS Semarang yang Beragama Islam di Era Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
4 Pemain Asing PSIS Semarang yang Beragama Islam di Era Liga 1.

INDOSPORT.COM – PSIS Semarang sejak kembali berlaga di Liga 1 pada tahun 2018 selalu memenuhi  kuota empat pemain asing sesuai regulasi yang ditetapkan PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) selaku operator liga.

Total sudah ada 12 pemain asing yang berseragam Laskar Mahesa Jenar di Liga 1 sejak 2018 hingga 2020. Mereka antara lain Petar Planic (Serbia), Ibrahim Conteh (Sierra Leone), Akhlidin Israilov (Krygystan), Abou Bakr Al Mel (Lebanon), serta Silvio Escobar (Paraguay)

Kemudian ada lagi Patrick Mota, Claudir Marini, Wallace Costa, Bruno Silva, Flavio Beck (Brasil), Shohei Matsunaga (Jepang), dan Jonathan Cantillana (Palestina).

Dari kedua belas pemain ini, ada empat pemain asing yang beragama Islam dan kebetulan keempatnya sudah tak lagi berseragam PSIS di kancah Liga 1 2020.

Berikut empat pemain asing PSIS yang beragama Islam di era Liga 1:

Akhlidin Israilov

Pemain Timnas Krygystan ini menjadi salah satu pemain asing beragama Islam yang membela PSIS di putaran pertama Liga 1 2018. Berasal dari negara yang mayoritas muslim, Akhlidin nampak tidak kesusahan beradaptasi soal kultur saat berada di Indonesia.

Akhlidin selama berada di Semarang sering pergi ke masjid pada saat waktu salat berjamaah bersama pemain lokal lainnya yang tinggal di mes.

Ibrahim Conteh

Pemain berbadan kekar ini menjadi salah satu pemain asing beragama Islam yang pernah membela PSIS. Pria asal Sierra Leone ini bermain selama satu musim di Laskar Mahesa Jenar pada kancah Liga 1 2018.

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Ibrahim Conteh (kanan), pemain PSIS Semarang. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTIbrahim Conteh (kanan) saat bermain PSIS Semarang.

Musim lalu saat membela Persipura Jayapura, Conteh merayakan lebaran di Jayapura dengan cara menghabiskan waktu di pantai karena tidak sempat untuk pulang ke Sierra Leone yang berada di Benua Afrika.

Abou Bakr Al Mel

Pria yang akrab disapa Bako ini menjadi pemain asing pertama PSIS di era Liga 1 yang berasal dari Timur Tengah. Berasal dari Lebanon, Bako merupakan seorang pemeluk agama Islam dan sering mengucapkan kata “Insya Allah” ketika berkomunikasi.

Bako bermain di PSIS Semarang pada paruh kedua Liga 1 2018. Namun sayangnya ia hanya bermain tiga pertandingan karena ayahnya yang sedang sakit di Lebanon membuat Bako memutuskan mengundurkan diri dari klub kebanggaan Panser Biru dan Snex ini.

Silvio Escobar

Pria yang kini berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) ini masih berstatus sebagai pemain asing pada saat membela PSIS di putaran pertama Liga 1 2019.

© psisfcofficial
Silvio Escobar striker PSIS Semarang Copyright: psisfcofficialSilvio Escobar, eks striker PSIS Semarang

Escobar adalah seorang pemeluk agama Islam setelah memutuskan menjadi mualaf pada 2015. Setelah memutuskan menjadi mualaf, Escobar saat ini juga menikahi wanita asal Indonesia yang membantu dia belajar mengaji.