Liga Indonesia

Gelandang Persib Asah Skill dengan Bermain Futsal

Selasa, 21 April 2020 20:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Abdul Aziz saat pertandingan menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Abdul Aziz saat pertandingan menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019)

INDOSPORT.COM - Gelandang tim sepak bola Persib Bandung, Abdul Aziz sering menujukan skill individunya mengolah si kulit bundar saat melakoni pertandingan resmi pada kompetisi Liga 1. 

Pemain jebolan Diklat Persib ini mengungkapkan, kelincahannya mengolah si kulit bundar di tengah lapangan tak lepas dari pengalaman yang didapat saat menjadi pemain futsal beberapa tahun lalu. 

Sebagai informasi, sebelum bergabung dengan tim Persiba Balikpapan, PSMS Medan dan Persib, Abdul Aziz sempat memperkuat beberapa tim futsal seperti FKB  dan Libido FC di Futsal Super League.

Abdul Aziz menuturkan, teknik bermain sepak bola dan futsal hampir sama. Hanya saja, dalam futsal pemain harus berpikir cepat untuk mengambil keputusan. 

"Semua teknik di futsal bisa diaplikasikan di sepak bola sangat bermanfaat, skill, kita dituntut berpikir lebih cepat dan lebih cepat ambil keputusan, melatih kreativitas dan improvisasi sentuhan bola," ungkap Abdul Aziz

Pemain yang turut mengantarkan tim sepak bola Jawa Barat meraih mendali emas pada ajang PON Jawa Barat 2016 ini menambahkan, banyak mendapat ilmu dari bermain fusal. 

Sehingga, jika ada waktu luang ia bersama rekan-rekannya sering memanfaatkannya untuk bermain futsal, sekaligus mengasah kemampuannya mengolah si kulit bundar.

"Ya olahraga futsal buat Aziz sangat berpengaruh di karier sepak bola Aziz, karena sepak bola futsal sangat menyenangkan sebagi hobi ketika ada libur juga Aziz suka menyempatkan waktu buat bermain futsal, menambah kepercayaan diri karena sering menyentuh bola jadi have fun," jelasnya. 

Sementara itu, pada musim 2019 Abdul Aziz mendapat kesempatan bermain sebanyak 25 laga dengan mengoleksi 1.275 menit bermain. Sedangkan di Liga 1 2020, pemain berusia 26 tahun ini belum mendapatkan kesempatan bermain.