Liga Indonesia

Harga Terjangkau, Klub Liga 1 Bisa Beli Pemain Naturalisasi Palsu Indonesia Ini

Selasa, 21 April 2020 06:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
© twitter
Murah, Klub Liga 1 Bisa Beli Pemain Naturalisasi Palsu Indonesia Ini Copyright: © twitter
Murah, Klub Liga 1 Bisa Beli Pemain Naturalisasi Palsu Indonesia Ini

INDOSPORT.COM - Punya market value yang terjangkau, klub Liga 1 diperkirakan bisa membeli pemain naturalisasi palsu Indonesia asal Brasil ini.

Adalah Wanderley Santos Monteiro Junior, penyerang yang pernah ramai diperbincangkan jagat sepak bola Tanah Air tahun 2016 silam, lanatran laman Transfermarkt menyebutnya sebagai pemain berkewarganegaraan Indonesia.

Padahal, pemain berusia 27 tahun itu tak pernah sekalipun bermain di pentas sepak bola Indonesia. Namun, sejumlah bukti pada saat itu menunjukkan jika penyerang berdarah Brasil ini memang seorang warga Indonesia asli.

Namun setelah ditelisik, Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia menemukan fakta bawah paspor Indonesia milik Wanderley Santos tak pernah terdaftar sebagai warga negara Indonesia. 

Dengan kata lain, pemain yang pernah bersaing dengan Ronaldinho saat membela Flamengo di Liga Brasil ini telah memalsukan paspor Indonesia agar bisa bermain di Liga Uni Emirat Arab.

Akibat dari perbuatannya tersebut, Wanderley Santos mendapat hukuman larangan tampil di Asia selama 3 bulan serta denda 10.000 dolar AS.

Sempat dihebohkan dengan kewarganegaraan palsunya, Wanderley Santos saat ini bisa mengembalikan nama baiknya di Tanah Air dengan memulai karir di Indonesia secara legal, yakni bergabung bersama tim kontestan Liga 1.

Apalagi market value mantan pemain Cruzeiro ini cukup terjangkau bagi peserta Liga 1. Melansir laman transfermarkt, disebutkan jika harga Wanderley Santos sekitar 550 ribu euro atau setara dengan Rp 9,2 miliar.

Harga tersebut pernah dikeluarkan tim Liga 1 dalam mendatangkan pemain, seperti saat Persija memboyong Xandao yang dikabarkan memiliki market value sebesar 700 ribu euro atau ketika Bali United yang membeli Brwa Nouri dengan harga 800 ribu euro.

Jika Wanderley Santos bisa tampil di Liga 1, hal tersebut akan menjadi keuntungan besar buat tim yang merekutnya lantaran sang pemain punya catatan mentereng ketika tampil di kompetisi Asia. 

Tercatat dirinya telah mencetak 36 gol dan 13 assist dalam 58 pertandingan saat mentas di Liga UEA, serta mencetak 16 gol dari 35 penampilan di Liga Qatar.