Liga Indonesia

Ulang Tahun ke-32, Barito Putera Gelar Haul lewat Live Streaming

Selasa, 21 April 2020 12:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Perayaan ulang tahun klub Liga 1 Barito Putera yang ke-32, sekaligus haul kelima founder klub, Haji Abdussamad Sulaiman (alm) dilangsungkan via streaming. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Perayaan ulang tahun klub Liga 1 Barito Putera yang ke-32, sekaligus haul kelima founder klub, Haji Abdussamad Sulaiman (alm) dilangsungkan via streaming.

INDOSPORT.COM - Momentum perayaan ulang tahun klub Liga 1 2020 Barito Putera yang ke-32, sekaligus haul kelima founder klub, Haji Abdussamad Sulaiman (alm) harus dilangsungkan secara online lewat live streaming. Pandemi virus Corona tidak memungkinkan bagi manajemen untuk menggelar acara massal.

Sebagaimana diketahui, klub sepak bola Barito Putera dibentuk pada 21 April 1988, tepatnya di era kompetisi Galatama. Sehingga dalam logo klub, terdapat angka 88 sebagai penanda awal terbantuknya klub. Meski bermarkas di Kalimantan Selatan, namun perlu diketahui jika klub ini pertama kali terbentuk di bilangan Jakarta.

Saat itu, fonder klub, Abdussamad Sulaiman atau yang akrab disapa Haji Leman, tengah terbaring sakit di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Ia pun berjanji, andai ia sembuh, maka ia akan membentuk sebuah klub sepak bola untuk menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan. Alhasil, klub itu pun resmi didirikan pada 21 April 1988.

Hingga kini telah berlalu 32 tahun semenjak Barito Putera berdiri, dan mengalami pasang surut, hingga akhirnya kokoh di Liga 1 yang notabene merupakan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air. Jauh dari perayaan besar-besaran, Laskar Antasari memilih untuk merayakannya dengan nuansa relijius.

Guna mendoakan kelangsungan klub, serta bersamaan dengan haul kelima founder klub, Abdussamad Sulaiman (alm), manajemen pun menggelar pengajian dan doa bersama sejumlah ulama, mulai dari KH. Syaifuddin Zuhri hingga Habib Quraisy bin Baharun. Sejumlah tokoh Kalimantan Selatan juga akan dilibatkan dalam haul tersebut.

Namun, guna mengantisipasi persebaran virus corona, maka manajemen menggelar doa bersama secara online dan dapat disaksikan melalui layanan live streaming di YouTube Barito Putera TV dan Facebook psbaritoputeraofficial, Selasa (21/04/20) mulai pukul 08.00 WIB.

"Sehubungan dengan perkembangan kondisi terkini dan kebijakan pemerintah terkait pandemi virus corona, acara haul Ayahanda Haji Abdussamad Sulaiman Bin Haji Basirun hanya digelar secara online live streaming," jelas pemilik klub Barito Putera sekaligus anak dari founder klub, Hasnuryadi Sulaiman.

Hingga kini, haul live streaming masih berlangsung, di mana Habib Quraisy bin Baharun menyampaikan ceramah agama secara live dari Cirebon, Jawa Barat. Sementara keluarga besar Hasnuryadi turut menyaksikan sembari menjaga jarak satu sama lain, dari kedimaannya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.