Liga Indonesia

Jeda Liga 1, Barito Putera Gandeng Lestarindo untuk Benahi Rumput Stadion

Jumat, 17 April 2020 19:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© baliutd.com
Pertandingan antara Barito Putera vs Bali United, pada Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (06/03/20). Copyright: © baliutd.com
Pertandingan antara Barito Putera vs Bali United, pada Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (06/03/20).

INDOSPORT.COM - Seiring dengan jeda kompetisi Shopee Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona, dimanfaatkan manajemen Barito Putera untuk membenahi kualitas Stadion Demang Lehman (SDL), Martapura, khususnya kualitas rumput.

Pembenahan ini masuk dalam anggaran Pemprov Kalimantan Selatan, dan bekerja sama dengan PT Harapan Jaya Lestarindo sebagai konsultan spesialisasi rumput lapangan. Hingga kini hampir genap dua bulan perawatan rumput yang dilakukan.

Meski masih dalam kondisi layak pakai, namun rumput lapangan sepak bola memang perlu mendapat perawatan rutin. Menurut pihak Lestarindo, rumput SDL masih layak menggelar pertandingan sekelas Liga 1. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai perbaikan.

"Memang secara hitungan waktu, rumput di SDL sudah waktunya diganti total, karena sudah lebih lima tahun sejak dibangun. Kondisi rumputnya sudah bercampur dengan jenis rumput lain. Inilah yang kami rapikan saat ini," ujar Marwoto, konsultan dari Lestarindo, dilansir dari laman resmi klub.

"Karena kalau jenis rumput yang ditanam berbeda, tumbuhnya pun akan beda. Di sana panjang, di sini pendek. Ini akan membutuhkan perhatian ekstra saat merawatnya. Jadi agar lebih mudah, kami sarankan rumput diganti,” tambahnya.

Masih menurut Marwoto, saat ini pemeliharaan rumput lapangan di Stadion Demang Lehman Martapura sudah memasuki tahap akhir. Ia memprediksi setidaknya perlu dua minggu lagi hingga lapangan siap digunakan secara penuh.

"Masih dalam tahap perawatan. Kira-kira dua minggu lagi sudah benar-benar normal, dan layak untuk siaran langsung di TV," imbuhnya.

Marwoto juga mengakui pihaknya rutin memberikan pupuk dan memangkas rumput stadion. Jika pemupukan dilakukan setiap dua minggu sekali, pemangkasan dilakukan setiap tiga hari. Pupuk yang digunakan berbeda setiap kesempatan dan tergantung kebutuhan.

"Pupuk dua minggu sekali. Tapi kalau rumputnya menunjukkan gejala kekurangan nutrisi, kami kasih lagi di luar agenda rutin. Kalau pupuk kita menggunakan pupuk standar seperti NPK dan pupuk urea, tergantung rumput itu sendiri," pungkasnya.