Liga Champions

Mengenang Aksi Brilian Gregory Coupet di Liga Champions

Rabu, 22 April 2020 18:01 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Stephane Reix/For Picture/Corbis via Getty Images
Gregory Coupet pernah melakukan aksi brilian di ajang Liga Champions saat membela Olympique Lyon. Copyright: © Stephane Reix/For Picture/Corbis via Getty Images
Gregory Coupet pernah melakukan aksi brilian di ajang Liga Champions saat membela Olympique Lyon.

INDOSPORT.COM – Tanggal 10 Oktober 2001 akan menjadi salah satu hari bersejarah di Liga Champions bagi Gregory Coupet, salah satu kiper terbaik yang pernah dilahirkan Prancis.

Pada hari tersebut, kiper yang bersinar bersama Olympique Lyon tersebut berhasil tampil sangat brilian dan bahkan mencatatkan dua penyelematan yang sampai saat ini menjadi salah satu aksi terbaik di Liga Champions.

Saat itu, Barcelona menjamu Lyon di babak grup Liga Champions dan  mengamankan 3 poin dengan menang 2-0. Akan tetapi, Coupet yang tampil sebagai kiper tim tamu berhasil menjadi salah satu tembok penghalang Barcelona menang dengan skor lebih banyak lagi.

Aksi brilian Gregory Coupet terjadi ketika salah satu bek Lyon melakukan blunder saat mengirim backpass kepadanya. Situasi bola yang sedang memantul dan Coupet yang sudah terlanjur bergerak maju membuat supporter di Camp Nou saat itu mengira bola bakal masuk dengan mudah.

Tak disangka, pesaing Fabien Barthez di Timnas Prancis tersebut langsung berputar dan reflek melakukan sundulan pada bola yang sebentar lagi masuk ke gawangnya.

Secara mengejutkan, bola yang disundul tersebut berhasil mengenai mistar. Namun, ancama belum berakhir. Pasalnya, Rivaldo yang saat itu masih membela Barcelona berada di depan gawang tanpa ada kawalan yang berari dari bek Lyon. Ia sudah bersiap menerima bola muntahan hasil sundulan Coupet.

Tetapi secara mengejutkan, Coupet bisa langsung kembali ke posisinya dan melakukan penyelamatan yang menyebabkan sundulan Rivaldo gagal berbuah menjadi gol.

Penyelamatan tersebut kemudian menjadi salah satu yang terbaik di Liga Champions hingga saat ini. Meskipun timnya harus kalah 0-2, Gregory Coupet berhasil membuktikan kualitasnya sebagai salah satu kiper terbaik Prancis di laga tersebut.