Liga Champions

Meski Finis Peringkat 9, Arsenal Tetap Bisa Lolos Liga Champions

Rabu, 22 April 2020 10:13 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris, Arsenal, bisa saja lolos ke Liga Champions musim depan jika Liga Inggris musim 2019-2020 dihentikan kendati hanya finis di peringkat ke sembilan.

Melansir dari laman Daily Mail, anggota asosiasi sepak bola Eropa dilaporkan akan berkumpul dalam sebuah sesi video call pada Kamis (23/04/20) untuk membahas mengenai cara menyelesaikan musim 2019-2020. Pasalnya, UEFA meminta setiap liga menyelesaikan musim dan turnamen domestik lainnya.

Tetapi, banyak wacana jika beberapa liga di Eropa akan dihentikan. Termasuk di dalamnya Liga Inggris. Sehingga pemberhentian musim 2019-2020 akan memberi tuah baik ke Arsenal untuk melaju ke kompetisi Eropa meski hanya finis di peringkat ke sembilan.

Hal ini lantaran UEFA meminta setiap asosiasi untuk menggunakan skor koefisien sebagai metode menentukan tim mana saja yang bermain di kompetisi Eropa musim depan. Koefisien ini dihitung dari kesertaan tim di Liga Champions dan Liga Europa.

Dengan adanya wacana ini, Arsenal akan diuntungkan. The Gunners akan merangsek ke empat besar bersama Liverpool, Manchester City dan Manchester United dan dapat bermain di Liga Champions.

Sedangkan tim seperti Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Leicester City akan bermain di kancah Liga Europa mengingat skor koefisien ketiganya di kancah Eropa dalam lima tahun terakhir.

Tentu hal ini akan menguntungkan Arsenal yang tengah terseok-seok musim ini. Bukan tidak mungkin, jika aturan dari UEFA diimplementasikan, maka Meriam London dapat bermain di Liga Champions untuk musim depan.