Bola Internasional

Navarone Foor Sempat Kandaskan Adik Eks Persikad di Eropa

Rabu, 22 April 2020 15:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© David Ramos/Getty Images
Calon pemain naturalisasi Indonesia Navarone Foor ternyata sempat kandaskan adik eks Persikad Nnana Onana, yakni kiper Ajax Amsterdam Andre Onana. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Calon pemain naturalisasi Indonesia Navarone Foor ternyata sempat kandaskan adik eks Persikad Nnana Onana, yakni kiper Ajax Amsterdam Andre Onana.

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi Indonesia Navarone Foor ternyata sempat kandaskan adik eks Persikad Nnana Onana, yakni kiper Ajax Amsterdam Andre Onana.

Baru-baru ini Andre Onana menghebohkan jagat sepak bola Indonesia usai diketahui memiliki hubungan dekat dengan eks Persikad Nnana Onana (kakak).

Hal itu dihembuskan oleh salah satu akun media sosial Instagram bernama @superdepokcyber, Sabtu (18/03/20) silam lewat sebuah unggahan foto dan caption.

Akun tersebut awalnya menjelaskan kalau kiper utama Ajax Amsterdam saat ini mengawali karier bersama akademi sepak bola La Masia Barcelona (B).

Penampilan pemain berdarah Kamerun ini cukup moncer dengan catatan 78 nirbobol (clean sheet) dari total 178 permainannya di semua kompetisi sejak dipromosikan ke tim utama Ajax.

"Siapa sangka pemain yang sedang diincar beberapa klub besar seperti Barcelona dan Chelsea ini memiliki kedekatan dengan Kota Depok," tulis @superdepokcyber.

Lantaran Andre Onana memiliki kakak yang pernah bermain untuk Persikad beberapa waktu lalu yang lisensinya sudah dijual dan kini menjadi Sulut United.

"Kakak dari Andre Onana ini bahkan sukses mengantarkan 'Pendekar Ciliwung' meraih gelar runner up pada kompetisi Divisi I Liga Indonesia tahun 2007 dan berhak promosi ke Divisi Utama," pungkas akun tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Superdepok Cyber (@superdepokcyber) on

Meski begitu tak mudah bagi seorang Andre untuk bisa menembus tim utama Ajax. Sebab dirinya harus melewati beragam tantangan yang ditunjukan lewat performa di lapangan.

Sampai pada suatu kesempatan, Andre yang membela Ajax U-21 sempat bersua calon pemain naturalisasi Indonesia Navarone Foor (tengah membela NEC Nijmegen).

Tepatnya pada kompetisi Jupiler League 2014-15 pekan ke-37, 1 Mei 2015, mempertemukan NEC Nijmegen vs Ajax U-21. Laga ini dipimpin oleh wasit Siemen Mulder.

Laga tersebut membuat Navarone dan Andre turun sejak menit awal. Navarone tampil sebagai gelandang serang sedangkan Andre menjadi penjaga gawang.

Pertandingan berjalan cukup menarik. Jual-beli serangan terjadi antara kedua klub hingga NEC Nijmegen membuka gol lebih dulu pada menit ke-16 oleh Christian Santos.

Tak lama berselang, giliran Navarone Foor yang juga sukses membobol gawang adik eks Persikad itu pada menit ke-34 usai menerima umpan dari Rens van Eijden.

Klub yang dibela Andre baru bisa mempertipis ketertinggalan usai Tom Noordhoff mencetak gol pada menit ke-85. Meski begitu Navarone sukses kandaskan Andre.

© twitter.com/seg_football
Gelandang Vitesse, Navarone Foor yang keturunan Maluku cetak gol spektakuler di kasta tertinggi sepak bola Belanda, Eredivisie musim 2018/19. Copyright: twitter.com/seg_footballGelandang Vitesse, Navarone Foor yang keturunan Maluku cetak gol spektakuler di kasta tertinggi sepak bola Belanda, Eredivisie musim 2018/19.

Navarone Foor diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dari kedua orang tua serta kakek dan nenek yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan.

Nama Navarone sempat tercatut dalam rilis daftar pemain keturunan Indonesia yang dihimpun Kemenpora pada 2017 lalu. Namun hingga kini Navarone tak kunjung dinaturalisasi Indonesia.