Liga Indonesia

Persiapan Kota Solo Jadi Host Piala Dunia U-20 Masih On Schedule

Rabu, 22 April 2020 18:56 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan saat meninjau Stadion Manahan. Copyright: © Ronald Seger Probowo/INDOSPORT
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan saat meninjau Stadion Manahan.

INDOSPORT.COM - Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia berdampak pada penyelenggaraan berbagai event besar. Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua diusulkan ditunda tahun depan.

Gelaran Piala Dunia U-20 tahun depan juga masih menimbulkan tanda-tanya bahkan menggantung karena wabah virus Corona. Agenda FIFA untuk memantau langsung kesiapan Indonesia pada bulan ini pun harus dibatalkan.

Salah satu yang menjadi host adalah Kota Solo dengan Stadion Manahan yang sudah selesai direnovasi. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta, Joni Hari Sumantri menyebut sejauh ini belum ada perubahan jadwal.

"Sampai sekarang sih memang masih on schedule (sesuai jadwal) ya untuk menuju ke sana (Piala Dunia). Belum ada perubahan apapun yang masuk ke kami," ungkap Joni kepada INDOSPORT di kawasan Stadion Manahan, Rabu (22/04/20).

Meski Kota Solo fokus menghadapi pandemi Covid-19, termasuk penggunaan anggaran APBD, namun kondisi itu tak berpengaruh pada persiapan. Menurut Joni, perbaikan lima lapangan pendukung sejak awal akan dilakukan pemerintah pusat.

"Tidak ada pengaruh ke APBD karena semua lapangan yang biaya perbaikan dari pusat. Sampai sekarang belum ada rencana pemangkasan dan sebagainya di tengah pandemi Corona," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut jika FIFA belum memberi keputusan apakah tetap melaksana Piala Dunia U-20 sesuai jadwal atau ditunda. Pihaknya tinggal menunggu arahan dari induk organisasi sepak bola di dunia dan pemerintah.