Liga Spanyol

5 Hal tentang Lionel Messi yang Mungkin Tak Banyak Orang Tahu

Jumat, 24 April 2020 00:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Ramos/GettyImages
Berikut lima hal tentang megabintang Barcelona, Lionel Messi, yang mungkin tak banyak orang tahu. Copyright: © David Ramos/GettyImages
Berikut lima hal tentang megabintang Barcelona, Lionel Messi, yang mungkin tak banyak orang tahu.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi merupakan pesepak bola sejati sekaligus menjadi panutan para penggemar olahraga si kulit bundar, selaras dengan rentetan rekor dan gelar yang ia raih bersama Barcelona maupun Timnas Argentina.

Nah, berikut lima fakta tentang La Pulga yang mungkin belum sobat INDOSPORT ketahui. Apa saja?

1. Mencetak setidaknya tujuh gol ke gawang seluruh tim LaLiga Spanyol

Sepanjang kariernya di lapangan hijau, Lionel Messi per Maret 2020 di pentas LaLiga Spanyol telah menjadi pencetak gol terbanyak. Setidaknya tujuh gol berhasil ia buat ke-19 tim di kasta tertinggi sepak bola Negeri Matador.

Dengan hasil itu, ia kini juga telah mempersembahkan 438 gol dari 474 penampilannya dan semua gol itu ia cetak hanya di LaLiga Spanyol.

Selain itu, selama kariernya dengan si kulit bundar, Messi telah menghadapi 40 klub dari berbagai benua, dan hanya menyisakan tiga klub yang saat ini belum ia bobol di Spanyol, yakni Cádiz CF, Murcia, dan Xerez CD.

Sementara itu Messi juga berhasil meraih penghargaan El Pichichi sebanyak enam kali. El Pichichi sendiri merupakan penghargaan top skor di kompetisi LaLiga Spanyol.

Penyerang Argentina itu berhasil mencetak lebih dari 30 gol untuk tiga musim berturut-turut. Torehan itu membuat Messi menyamai rekor Telmo Zarra yang dicetak saat musim 1952-1953.

Terlepas dari itu semua, puncak kejayaan La Pulga terjadi pada musim 2011-2012, ketika ia berhasil mencetak 50 gol. Saat itu El Blaugrana dinakhodai oleh Pep Guardiola.

2. Pertama kali bermain bersama Gerard Pique pada tahun 2000, selama hampir 20 tahun

Lionel Messi pertama kali menginjakkan kakinya di Barcelona pada 17 September 2000. Sewaktu itu ia menimba ilmu bersama Gerard Pique dan Cesc Fabregas di akademi Barcelona, yakni La Masia, dan dijuluki angkatan 87.

Akhirnya pada tahun 2002, Messi terdaftar di Asosiasi Sepak Bola Spanyol sebagai pemain Catalan. Saat itu pula ia mulai menunjukkan aksi gemilangnya.

Bermain bersama Gerard Pique dan Cesc Fabregas yang terdaftar di skuat muda Barcelona, Messi bocah kelahiran Rosario itu menjadi top skor dengan membuat 36 gol dari 30 pertandingan sebelum ia masuk ke level tim senior.

Walau Pique sempat pindah ke Manchester United dan Real Zaragoza, ia dan Messi telah menjadi rekan tim sejak 2008 dan tercatat telah memainkan 471 pertandingan bersama, yang mana Messi hanya sedikit lebih banyak bermain bersama Sergio Busquets dan Andres Iniesta.

3. Mendedikasikan setiap gol untuk neneknya

Lionel Messi dan gol seperti satu napas yang saling berkaitan yang menjadi satu kesatuan. Pemandangan Messi mengacungkan dua jari tangannya ke langit hampir terlihat di setiap golnya di LaLiga Spanyol.

Akan tetapi, tak banyak orang yang mengetahui artinya. Gestur tersebut merupakan selebrasi yang dialamatkan Messi kepada sang nenek tercinta, Celia, yang sudah tiada.

© Twitter @LaLigaEN
Hasil Pertandingan LaLiga Spanyol Barcelona vs Granada: Messi Buat Debut Setien Indah. Copyright: Twitter @LaLigaENLionel Messi selalu mengingat mendiang sang nenek setiap mencetak gol.

Mendiang nenek Messi, Celia, memang memiliki peran besar dalam perjalanan karier Messi. Tanpa campur tangan sang nenek yang wafat pada tahun 1998 silam, jagat sepak bola tak akan memiliki pemain seajaib Messi.

Celia yang pertama kali melihat dan menyadari betapa besarnya talenta Messi, berawal dari sebuah bola yang dibelikannya untuk sang cucu. Saat itu pun sang nenek pula yang meminta Salvador Aparicio, pelatih yang juga kenalan keluarga Messi, melihat lebih jauh bakat La Pulga.

Kebetulan saat itu Aparicio sedang mencari pemain untuk timnya yang akan ikut turnamen sepak bola anak-anak. Aparicio sendiri adalah pelatih dari kedua kakak Messi, Rodrigo dan Matias.

Akhirnya sampai sekarang, Messi kepincut dengan dunia sepak bola. Namun sayangnya, Celia tak pernah melihat Messi bermain di level teratas, tetapi selebrasi ikoniknya memastikan bahwa neneknya akan terus bersamanya.

4. Dapat Membela Tim Nasional Spanyol

Lionel Messi yang telah bermain mewakili Timnas Argentina di sepanjang kariernya bisa saja dapat membela Timnas Spanyol, jika saja ia menerima tawaran untuk membela negara di mana ia menghabiskan karier profesionalnya dan masa kecilnya.

Namun bagi La Pulga hal itu tak pernah terbesit di pikirannya. Ia mengaku akan loyal. Ia akan menjadi pahlawan Argentina, terbukti sepanjang kariernya menjadi kapten Timnas, ia sudah menjadi top skor sepanjang masa dengan mencetak 65 gol.

5. Pablo Aimar adalah idolanya di sepak bola

Banyak pemain muda di penjuru dunia yang menjadikan Lionel Messi sebagai panutan. Akan tetapi, layaknya manusia biasa, ia juga memiliki idola yang dibanggakan, yakni mantan pemain Valencia dan Real Zaragoza, Pablo Aimar.

Pablo Aimar juga adalah bintang Argentina pada awal era 2000-an. Awal mulanya, Aimar bermain untuk River Plate sehingga membuat Valencia tertarik merekrutnya sampai-sampai ia sempat mengantarkan klubnya itu juara La Liga

Messi dan Aimar juga sempat berhadapan beberapa kali di LaLiga, termasuk malam spesial tahun 2004, di mana Aimar mendatangi Messi, yang saat itu tak sempat bermain, untuk memberikan jerseynya.

Penulis: Andre Febriansyah

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%