Bola Internasional

3 Fakta Sandro Tonali, Gelandang Brescia Calon Penerus Iniesta

Sabtu, 25 April 2020 14:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Metro
Gelandang muda Brescia dan Italia, Sandro Tonali, digadang-gadang bisa jadi penerus Andres Iniesta di Barcelona. Copyright: © Metro
Gelandang muda Brescia dan Italia, Sandro Tonali, digadang-gadang bisa jadi penerus Andres Iniesta di Barcelona.

INDOSPORT.COM – Klub LaLiga Spanyol, Barcelona, tengah menjajaki peluang merekrut gelandang Brescia, Sandro Tonali. Digadang-gadang sebagai penerus Andres Iniesta, seperti apa sosok gelandang 19 tahun ini?

Sandro Tonali, di mana dirinya di Italia dijuluki The Next Andrea Pirlo itu memang menarik minat banyak klub besar Eropa. Sebut saja, AC Milan, Juventus, Napoli, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan Chelsea.

Dengan banyaknya minat tersebut, Barcelona masih memberanikan diri masuk dalam perburuan gelandang kreatif klub semenjana Serie A Italia, Brescia, tersebut.

Seperti dilansir dari Football Italia, Barcelona kabarnya sudah menyiapkan tawaran bombastis senilai 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun demi mengamankan tanda tangan Sandro Tonali.

Tak berhenti sampai di situ, klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou itu akan menambah dua pemain mudanya yang bernilai sekitar 10-14 juta euro kepada Brescia demi melancarkan transfer Tonali.

Penampilan memukau Tonali bersama Brescia membuat Barcelona jatuh hati. Klub menganggap dia sebagai sosok yang pantas menggantikan peran Andres Iniesta yang saat ini belum ada penerusnya.

Nah, redaksi berita olahraga INDOSPORT mencoba membeberkan siapa sebenarnya sosok Sandro Tonali, gelandang muda yang jadi rebutan klub papan atas dan diplot Barcelona sebagai The Next Andres Iniesta.

Gaya Permainan Tonali

Sandro Tonali memiliki tinggi 181 sentimeter, sedikit lebih tinggi dari Iniesta, namun Tonali memiliki kemiripan dengan gaya permainan Iniesta. Gelandang ini mampu menentukan tempo serangan serta berkontribusi dalam pertahanan.

Banyak pemain lawan yang mewaspadai Tonali, terutama ketika dia melancarkan tendangan bebas dan tendangan sudut. Tendangan Tonali mampu melayang atau menggulung umpan, melepaskan tembakan dengan cara menyilang yang nyaris sempurna.

Memulai Karier di Serie C

Wonderkid Bresicia ini mengawali kariernya di tim remaja Brescia pada 2012, Piacenza, yang berkompetisi di Serie C.

Debutnya dalam karier profesional terjadi pada usia 17 tahun bersama tim utama pada tahun 2017. Kala itu Brescia masih berkompertisi di Serie B dan Tonali memperkuat Brescia menghadapi Avellino.

Musim berikutnya, Tonali secara reguler memperkuat skuat utama. Dia bahkan membantu Brescia memenangkan promosi ke Serie A Liga Italia.

Performanya yang apik membuatnya dipanggil ke Timnas Italia dan berhasil memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Serie B. Tonali juga masuk dalam daftar 50 pemain muda UEFA yang menjanjikan sebelum musim 2010-2020.

Banyak yang menyamakan Tonali dengan legenda Italia, Andrea Pirlo. Bukan karena rambutnya yang panjang, namun penampilannya di lapangan. Namun, pemain 19 tahun itu menjadikan Steven Gerrard dan Luka Modric sebagai inspirasinya.

Bala Bantuan untuk Barcelona

Dengan melihat sepak terjangnya bersama Brescia, bukan hal mengherankan jika Tonali diperebutkan oleh sejumlah klub elite, salah satunya Barcelona. Terlebih, Blaugrana saat ini tengah mencari pengganti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez yang mumpuni di lini tengah.

Sejauh ini Barcelona telah memiliki Ivan Rakitic dan Arturo Vidal, namun keduanya mulai tenggelam di bawah bayang-bayang dua pemain muda, Arthur Melo dan Frenkie de Jong.

Sandro Tonali pun diharapkan bisa melampui Rakitic dan Vidal yang sudah tua di barisan lini tengah, serta Arthur Melo yang kini tengah santer dirumorkan akan hengkang.

Tonali sudah membuktikan kapasitasnya sebagai pemain yang cepat beradaptasi, mampu melenggang ke Serie A Liga Italia dengan mulus dan punya masa depan cerah.