Liga Inggris

3 Keuntungan Besar yang Didapat Liverpool Jika Bajak Willian dari Chelsea

Sabtu, 25 April 2020 23:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© Quality Sport Images/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, yakni Willian kontraknya akan habis pada Juni 2020 mendatang Copyright: © Quality Sport Images/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, yakni Willian kontraknya akan habis pada Juni 2020 mendatang

INDOSPORT.COMLiverpool bisa mendapatkan tiga keuntungan jika sukses membajak pemain dari sesama klub Liga Inggris Chelsea, Willian.

Terus berhembusnya rumor bursa transfer, sekalipun kompetisi sepak bola di Eropa masih ditangguhkan akibat pandemi virus corona, kini menyeret bintang Chelsea Willian Borges.

Belum juga kunjung menandatangi kontrak dengan Chelsea, Willian kini justru dikabarkan menjadi target buruan sesama klub Liga Inggris, Liverpool, yang melihat peluang untuk mendatangkannya akhir musim nanti.

Buat Sebagian pihak, kedatangan Wiliian mungkin masih bisa diperdebatkan apakah layak dan menguntungkan buat Liverpool.

Secara usia Willian memang tak muda lagi, sebab ia akan berusia 32 tahun pada Agustus nanti. Namun jika melihat sisi lain, rasanya kedatangan pemain asal Brasil itu masih akan sangat menguntungkan buat Liverpool.

Keuntungan seperti apa yang bisa didapat Liverpool dari Willian? Berikut INDOSPORT merangkumkan.

Kualitas

Meski sudah tak muda lagi, kualitas seorang Willian Borges rasanya masih akan menghadirkan keuntungan buat Liverpool. Terbukti dari kemampuannya yang masih bisa menghadirkan lima gol dan lima assist buat Chelea di 28 laga Liga Inggris musim ini.

Dengan mengandalkan kecepatan dan olah bolanya yang mumpuni, permainan Willian yang kerap beroperasi di sektor sayap pun rasanya akan sangat cocok dengan permainan yang kerap diterapkan Jurgen Klopp di Liverpool.

Selain itu, Willian juga punya nilai lebih dengan kemampuannya dalam mengeksekusi bola mati. Baik tendangan sudut atau tendagan bebas. Dengan itu, keberadaannya nanti bisa menjadi alternatif Liverpool selain mengandalkan Tren Alexander-Arnold dalam eksekusi bola mati.

Bicara kualitas, dengan apa yang dimiliki Willian saat ini, kehadirannya juga menjadi penting buat Liverpoool. Sebab Willian tentu tak punya ego yang sangat besar untuk berharap menjadi pilihan utama. Dirinya bisa menjadi pelapis yang sangat layak buat Mane atau Mohamed Salah kelak. Bukan sebagai pemain yang akan ngambek jika jarang dimainkan nanti.

Pengalaman

Selain kualitas, pengalaman Willian juga bisa menjadi hal penting lainnya yang menguntungkan buat Liverpool. Sudah sejak tahun 2013 berseragam Chelsea, Willian tentu paham betul bagaimana permainan dan persaingan di sepak bola Inggris berjalan hingga saat ini.

Sehingga, tentu tak butuh waktu lama buat Liverpool bisa memanfaatkan kemampuan maksimal Willian nantinya. Beda misalnya dengan pemain dari Liga lain yang tentu butuh waktu adaptasi lagi.

Selain itu bicara pengalaman, Willian juga tipikal pemain yang memiliki pengalaman ditempatkan di berbagai posisi manapun di lini tengah hingga depan.

Pengalaman itu jelas bagus buat Liverpool, terlebih pelatih Jurgen Klopp juga sangat senang dengan pemain bertipe versetile, yang tentu akan kebih bermanfaat buat timnya kala pemain lain berhalangan tampil.

Harga

Diantara keutungan di atas, tentu perihal status Willian yang akan menjadi pemain gratisan akhir musim nanti adalah yang paling menguntungkan buat Liverpool.

Bagaimana tidak, dengan kualitas dan pengalaman yang disebutkan, Liverpool tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun buat mendatangkan Willian yang kontraknya berkahir di Chelsea Juni mendatang.

Apa lagi gaji Willian juga terhitung tak terlalu mahal buat Liverpool, hanya berkisar 120 ribu poundsterling atau setara Rp2,26 miliar per pekan saat ini.