Liga Spanyol

Bukan Zidane, Ini Pelatih Terbaik Sepanjang Masa Real Madrid

Sabtu, 25 April 2020 00:10 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yohanes Ishak
© Angel Martinez/GettyImages
Bukan Zinedine Zidane, ini pelatih terbaik raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid. Copyright: © Angel Martinez/GettyImages
Bukan Zinedine Zidane, ini pelatih terbaik raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Zinedine Zidane mungkin sukses pecahkan rekor selama menjabat sebagai pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid. Tapi siapa sangka dirinya bukanlah yang terbaik.

Dilansir laman berita Marca, pelatih berkebangsaan Prancis itu justru hanya bisa menempati posisi kedua dari daftar juru taktik terbaik Real Madrid. Pada peringkat pertama dipegang oleh Jose Villalonga yang tak tergantikan.

Villalonga tercatat memiliki hitungan rata-rata kemenangan trofi setiap 17,5 pertandingan. Torehan itu berdasarkan prestasi dua Piala Eropa, dua gelar LaLiga Spanyol, dan dua titel jawara Copa Latina, semuanya dalam total 105 laga.

Dirinya tercatat juga pernah membuat Timnas Spanyol menangkan kejuaraan Eropa pada 1964 dan buat Atletico Madrid meraih Piala Winners dan dua Copa del Rey. Berlanjut pada posisi kedua ada Zidane dengan rasio raihan trofi tiap 19,9 laga.

Zidane tercatat sempat menangkan 10 trofi dalam total 199 pertandingan yang dilakoni Real Madrid. Jika hanya berdasarkan daya magisnya yang pertama kala melatih Los Blancos 2016-2018, legenda Timnas Prancis ini punya rasio lebih baik ketimbang Villalonga dengan menang trofi tiap 16,5 pertandingan.

Tempat ketiga diambil alih Luis Molowny yang sukses persembahkan delapan gelar juara dalam 180 laga bersama Real Madrid. Dengan rata-rata satu trofi tiap 22,5 laga, dirinya mampu berkuasa pada tahun 1970 dan 1980-an.

Berlanjut pada posisi keempat ada Vicente del Bosque yang catatkan rata-rata trofi tiap 30,7 pertandingan. Leo Beenhakker berada pada posisi berikutnya dengan koleksi enam trofi dalam 197 laga dengan rata-rata 32,8 pertandingan.

Terakhir ada Miguel Munoz yang mampu memangkan 14 trofi sekaligus terbanyak dari seluruh jajaran pelatih Real Madrid dalam 605 laga pada 1960-1974. Sayang meski demikian dirinya tak memiliki predikat efisien karena hanya catatkan satu trofi tiap 43,2 laga.

Terlepas dari predikat terbaik, Zidane nampaknya memang menjadi satu-satunya pelatih Real Madrid yang bisa diandalkan era kali ini. Prestasi yang terbarunya ialah sukses menangkan Piala Super Spanyol dan kian dekat raih gelar LaLiga Spanyol.