Bola Internasional

Gara-gara Virus Corona: Eredivisie Belanda Resmi Ditutup, Ajax Batal Juara

Sabtu, 25 April 2020 01:48 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© KNVB
Trofi Eredivisie Belanda Copyright: © KNVB
Trofi Eredivisie Belanda

INDOSPORT.COM – Dampak dari virus corona terus menghadirkan kabar tak menyenangkan, kali ini datang dari kompetisi Eredivisie Belanda.

Ya, belum lama ini Federasi Sepak Bola Belanda, KNVB telah meresmikan menutup total kompetisi Eredivisie musim 2019-2020 akibat adanya virus corona.

Dihentikannya Eredivisie Belanda musim ini juga membuat kompetisi tersebut dipastikan tidak ada klub yang menjadi juara, tidak ada yang degradasi, dan tidak ada yang promosi.

“Dewan Sepak Bola Belanda telah membahas hal ini dengan seluruh klub, pemain, dan pelatih, yang juga mendapat persetujuan dari Dewan Pengawas untuk menghentikan kompetisi Eredivisie musim 2019-2020,” demikian ucapan perwakilan dari pihak Eredivisie.

Artinya, Ajax Amsterdam yang saat ini di puncak klasemen sementara tidak menjadi juara, meski unggul selisih gol dengan AZ Alkmaar walau memiliki jumlah poin yang sama, yakni 56.

Meski demikian, Ajax dan AZ Alkmaar nantinya tetap dipastikan ikut kualifikasi Liga Champions untuk musim 2019-2020 mendatang.

Sedangkan Feyenoord yang diposisi ketiga dipastikan lolos ke Liga Europa, sementara PSV Eindhoven dan Willem mengikuti babak kualifikasi Liga Europa putaran kedua sesuai dengan aturan dari Federasi Sepak Bola Eropa.

Hal yang sama juga terjadi pada tiga tim terbawah Eredivisie Belanda, yaitu Fortuna Sittard, ADO Den Haag, dan RKC Waalwijk yang dipastikan aman alias tidak terdegradasi.

1