Liga Indonesia

Tak Hanya Bola, Pendidikan Juga Wajib bagi Winger Lincah Persita

Sabtu, 25 April 2020 20:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Persita
Ricky Kayame, pemain baru Persita Tangerang untuk Liga 1 2020. Copyright: © Media Persita
Ricky Kayame, pemain baru Persita Tangerang untuk Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Winger lincah Persita Tangerang, Ricky Kayame ternyata tidak hanya memikirkan kariernya di sepak bola, tapi juga pendidikan. Saat ini, ia tercatat sebagai mahasiswa semester akhir di salah satu universitas di Papua.

Ricky mengatakan, pendidikan sangat penting dan bisa jadi modal untuk mempersiapkan masa depan jika pensiun sebagai pesepak bola. Karenaya, mantan pemain Arema FC itu mengambil jurusan perikanan dan ilmu kelautan di Universitas Yapis Papua.

"Saya ambil fakultas perikanan dan ilmu kelautan. Sudah mau selesai," katanya.

"Pendidikan itu penting, sepak bola kan ada batas usia. Jadi ini sebagai modal nanti buat masa depan," imbuh Ricky.

Tidak mudah bagi Ricky Kayame untuk menjadi seorang mahasiswa dan pesepak bola profesional. Kondisi itu membuat perkuliahannya sering tertunda, apalagi beberapa musim terakhir ia berkarier di luar pulau atau jauh dari kampusnya.

Saat ini, Ricky Kayame tengah berada di kampung halamannya. Ia pulang pulang setelah skuat Persita Tangerang diliburkan hingga awal Juni menyusul pandemi virus corona. 

Selain Kayame, banyak pula pesepak bola yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa aktif bahkan telah diwisuda. Sebut saja nama Ferinando Pahabol, Gerard Pangkali, Roni Beroperay yang telah menyelesaikan kuliahnya.