Liga Indonesia

Begini Respons PSMS Andai Liga Dilanjutkan Tanpa Penonton

Minggu, 26 April 2020 20:06 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Latihan klub Liga 2 PSMS Medan sebelum diliburkan. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Latihan klub Liga 2 PSMS Medan sebelum diliburkan.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 2020, PSMS Medan, buka suara perihal wacana akan digelarnya kompetisi tanpa penonton andai pandemi virus Corona yang tengah melanda Indonesia saat ini benar-benar belum pulih total nantinya.

Tim berjuluk Ayam Kinantan itu menentang keras andai kompetisi, baik Liga 1 maupun Liga 2 tetap digelar tanpa penonton nantinya.

"Itu tidak mungkin. Sebab yang perlu diperhatikan dan kita ingati serta cermati, masih adanya maklumat dari Kapolri itu," kata Sekretaris klub PSMS Julius Raja, kepada INDOSPORT, Minggu (26/04/20).

"Sebab di maklumat itu juga ada tentang soal aktivitas di olahraga juga kan. Kalau mau tetap digelar juga tanpa penonton, harus dicabut dulu itu maklumat. Sebab ini juga ada kaitannya dengan izin pertandingan dari pihak kepolisian," lanjutnya.

Lebih lanjut Julius mengatakan bahwa ada hal-hal lainnya yang tidak mungkin digelarnya kompetisi tanpa penonton. Sebab itu akan berdampak dari sektor pemasukan klub.

"Jika digelar tanpa penonton, tentu tak ada pemasukan. Sebab setiap tim tuan rumah yang menggelar pertandingan kandang tetap harus mengeluarkan dana," ucapnya.

"Jadi tetap tidak mungkin digelar tanpa penonton. Apalagi klub-klub Indonesia tidak semuanya sehat dari sisi finansial," sambung Julius.

Bahkan, pria yang akrab disapa King ini juga tidak yakin PSSI dan PT LIB selaku operator liga tetap menggelar kompetisi tanpa penonton di tengah-tengah pandemi ini.

"Misalnya PSSI yang biayai pendanaannya untuk gelar pertandingan tanpa penonton, mau dari mana PSSI dananya. Dari sponsor liga belum tentu mau, apalagi hak-hak kami sebagai klub juga masih banyak belum diberi PSSI dan LIB seperti subsidi," pungkasnya.