Liga Inggris

Pochettino vs Allegri, Siapa Lebih Layak Menukangi Newcastle United?

Minggu, 26 April 2020 20:54 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images/INDOSPORT
Pochettino vs Allegri, Siapa Lebih Layak Menukangi Newcastle United? Copyright: © Getty Images/INDOSPORT
Pochettino vs Allegri, Siapa Lebih Layak Menukangi Newcastle United?

INDOSPORT. COM - Mauricio Pochettino vs Massimiliano Allegri, di antara kedua nama itu, siapa kira-kira yang lebih pantas menukangi klub Liga Inggris, Newcastle United?

Reputasi Newcastle United belakangan ini sedang melejit, banyak diperbincangkan pecinta sepak bola internasional. The Magpies membuat heboh karena kabarnya bakal dibeli investor kaya raya asal Arab Saudi, Mohammad bin Salman.

Kedatangan Mohammad bin Salman diyakini akan menyulap Newcastle United sebagai kekuatan baru Liga Inggris. Sokongan dana melimpah Mohammad bin Salman, bisa membuat Newcastle United membeli banyak bintang hebat, bersaing ketat di papan atas Liga Inggris, sekaligus menembus level Eropa.

Tak hanya itu saja, Mohammad Salman tentunya hanya akan mempercayakan posisi pelatih Newcastle United kepada sosok hebat. Kebetulan, di luar sana sudah ada dua nama tenar yang dikaitkan dengan Newcastle United.

Pertama, ada Massimiliano Allegri. Pengalamannya membesut raksasa Serie A Italia, jadi alasan kuat Allegri cocok untuk pekerjaan di Newcastle United.

Kedua, muncul pula nama Mauricio Pochettino yang punya rekam jejak segudang di Liga Inggris. Sempat membawa Southampton melejit, hingga menyulap Tottenham Hotspur konsisten di papan atas Liga Inggris, merupakan pencapaian mentereng Mauricio Pochettino yang mungkin membuatnya pantas membesut Newcastle United.

Meski punya dua kandidat, Newcastle United jelas harus memilih salah satunya. Lalu, siapa yang kira-kira lebih pantas mendapatkan jabatan pelatih Newcastle United?

Kiprah di Klub Terakhir

© Justin Setterfield/Getty Images
Mauricio Pochettino resmi cipecat Tottenham Copyright: Justin Setterfield/Getty ImagesMauricio Pochettino 

Membandingkan kualitas Mauricio Pochettino dan Massimiliano Allegri, rasanya tepat bila kita menengok kiprah keduanya di klub terakhir. Mauricio Pochettino sebelum menganggur seperti sekarang, membesut Tottenham Hotspur, sedangkan Massimiliano Allegri menukangi Juventus.

Pochettino tercatat menduduki kursi kepelatihan Tottenham sejak musim panas 2014 sampai 2019. Peran Pochettino sebagai pelatih, total menemani skuat Spurs mengarungi 293 laga dalam berbagai ajang.

Berdasarkan data Transfermarkt, sepanjang melatih Tottenham, tangan dingin Pochettino menghasilkan 160 kemenangan, 60 imbang, dan 73 kekalahan. Bila dirata-rata, Pochettino mampu memberikan sekitar 1,84 poin per laganya untuk Tottenham.

Beralih ke Allegri, dirinya melatih Juventus sedari 2014 hingga 2019. Kurang lebih, masa bakti Allegri kepada Juventus, sama seperti yang dilakukan Pochettino dengan Tottenham.

Selama menjadi pelatih Si Nyonya Tua, tangan dingin Allegri menghasilkan 191 kemenangan, 41 imbang, dan 39 kalah. Kemampuan Allegri setidaknya mampu memberikan  2,27 poin per laganya untuk Juventus.

Dilihat dari perbandingan tersebut, Allegri tampak lebih mentereng ketimbang Pochettino. Rata-rata poin yang bisa diberikan Allegri untuk sebuah tim, mengungguli catatan Pochettino.

Jumlah kemenangan yang dicatat Allegri juga lebih banyak, 191 menang dari 271 laga. Beda halnya Pochettino yang meraih 160 kemenangan, tapi dari 293 pertandingan.

Raihan Prestasi

© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Pelatih asal Italia Massimiliano Allegri. Copyright: Chris Brunskill/Fantasista/Getty ImagesPelatih asal Italia Massimiliano Allegri.

Pelatih yang berpengalaman meraih banyak prestasi, diyakini dapat memberikan mental juara kepada anak asuhnya. Maka dari itu, kali ini kita bakal membedah perbandingan kualitas Pochettino dan Allegri secara raihan prestasi.

Pochettino menurut data Transfermarkt, koleksi pialanya sepanjang menekuni karier kepelatihan masih nihil. Prestasi paling mentereng Pochettino mungkin membawa Tottenham menjadi runner-up Liga Champions 2018/19.

Berbeda sekali bila kita melihat lemari piala Allegri. Setidaknya dalam sedekade terakhir, Allegri mampu memeroleh total 13 gelar juara.

Termasuk ketika Allegri mengantarkan Juventus menjuarai Serie A Italia lima musim beruntun, 2014/15 hingga 2018/19. Sayangnya, Allegri belum bisa merajai Liga Champions, meski sudah dua kali membawa Juventus melangkah hingga final 2014/15 serta 2016/17.

Soal raihan prestasi, Allegri lagi-lagi lebih unggul daripada Pochettino. Mungkin segala penjabaran di atas benar adanya, bahwa Allegri merupakan orang yang tepat untuk mengisi kursi kepelatihan Newcastle United.