Liga Indonesia

Harga Striker Kroasia yang Diisukan ke Persija 3x Lebih Murah dari Marko Simic

Senin, 27 April 2020 11:37 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Clint Hughes - Tony Feder/Getty Images
Diperkirakan harga pasar striker asal Kroasia Fran Brodic yang sempat diisukan ke Persija Jakarta ternyata 3x lebih murah dari Marko Simic. Copyright: © Clint Hughes - Tony Feder/Getty Images
Diperkirakan harga pasar striker asal Kroasia Fran Brodic yang sempat diisukan ke Persija Jakarta ternyata 3x lebih murah dari Marko Simic.

INDOSPORT.COM - Diperkirakan harga pasar (market value) striker asal Kroasia Fran Brodic yang sempat diisukan ke Persija Jakarta ternyata 3x lebih murah dari Marko Simic.

Pada Oktober 2019 lalu, Fran Brodic sempat menghebohkan jagat sepak bola Asia Tenggara, khususnya Indonesia atas rumor yang mencatut dirinya.

Sebab Brodic dikabarkan bakal didatangkan klub Liga 1 Persija untuk menggantikan Marko Simic. Saat itu Simic juga tengah diisukan hengkang ke Malaysia.

Adalah klub Liga Super Malaysia Johor Darul Ta'zim yang sempat menginginkan servis Simic. Terlebih Johor Darul Ta'zim tampil di Liga Champions Asia.

Terlebih Brodic memiliki rekam jejak serupa dengan Simic. Lantaran keduanya pernah membela Timnas Kroasia di berbagai kelompok usia meski berbeda tahun.

Atas rumor yang beredar itu, Brodic pun turut buka suara. Dirinya bahkan membuka peluang untuk menjajal sepak bola Indonesia ataupun kawasan Asia Tenggara.

"Tidak sepenuhnya. Banyak orang bertanya kepada saya apakah mau main di sana (Persija)? Saya akan jawab mungkin suatu hari nanti bisa terjadi," kata Brodic kepada INDOSPORT.

Kendati begitu harapan Brodic berkarier di Indonesia sirna lantaran Persija sukses mengamankan Simic dan diganjar kontrak hingga awal 2023 mendatang.

Kini diketahui kalau Brodic tengah berkiprah di Eropa usai dikontrak klub Serie C Italia Reggio Audace. Brodic memiliki masa bakti hingga 30 Juni 2020.

Meski begitu ada hal menarik yang bisa diketahui bersama oleh para penggemar sepak bola akan kiprah Brodic dan juga Simic sejauh ini.

Fakta menarik yang dimaksudkan ialah terlihat perbedaan luar biasa akan harga pasar dari Fran Brodic dengan Marko Simic yang mencapai tiga kali lipat.

Mencatut situs statistik pemain Transfemarkt, nilai transfer Fran Brodic hanya mencapai Rp2,4 miliar (150 ribu Euro) saja per 8 April 2020.

Di sisi lain, harga pasar Marko Simic tercatat hingga Rp7,3 miliar (450 ribu Euro) per 8 April 2020. Sehingga terlihat jelas perbedaan keduanya.

Bicara soal prestasi, Brodic sudah merengkuh gelar Belgian Cup dan Croatian Champion. Sedangkan Simic mampu meraih Liga 1, Piala Presiden, dan Boost Sportsfix Super Cup.