Liga Inggris

Jonas Gutierrez, Dosa Besar Newcastle United yang Berujung Bencana

Senin, 27 April 2020 07:41 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mengintip kisah pilu Jonas Gutierrez, salah satu dosa besar yang dilakukan Newcastle United dan berujung dengan bencana buat klub.

Nama Newcastle United sendiri menjadi perbincangan berbagai media olahraga Inggris, setelah tim asal kota Newcastle tersebut dikabarkan bakal dibeli oleh Muhammad bin Salman al-Saud.

Tidak tanggung-tanggung, sang putra mahkota Kerajaan Arab Saudi tersebut disebut siap menggelontorkan uang hingga 300 juta poundsterling atau setara dengan Rp5,9 triliun untuk mengakuisisi saham The Magpies. 

Dengan tambahan dana melimpah dari sang putra Kerajaan, klub Newcastle United diprediksi bakal menjadi pesaing baru dalam perebutan gelar juara di Liga Inggris dalam beberapa tahun ke depan.

Namun sebelum diprediksi menjadi tim besar, terdapat satu dosa besar yang pernah dilakukan Newcastle United bahkan hingga membuat tim terdegradasi dari kasta teratas Liga Inggris.

Kejadian bermula pada kompetisi Liga Inggris musim 2014/15, saat itu Newcastle United berhasil keluar dari lubang jarum zona degradasi usai memenangi pertandingan di pekan terakhir.

Newcastle musim itu berhasil menang 2-0 atas West Ham, dan salah satu pemain yang paling berjasa dalam gol The Magpies saat itu adalah Jonas Gutierrez yang baru pulih dari penyakit kanker kantung kemih.

Berhasil lolos dari zona merah, tampaknya Newcastle United lupa daratan dan mereka tanpa alasan jelas malah memutus kontrak Jonas Gutierrez yang di laga krusial sebelumnya menjadi juru selamat tim lolos dari ancaman degradasi.

Parahnya lagi, pernyataan pemutusan kontrak tersebut diterima Jonas Gutierrez melalui telepon. Tepatnya, kejadian menyedihkan tersebut terjadi saat Gutierrez tengah mengikuti pelatihan sertifikasi pelatih di Irlandia Utara.

Ketika baru mengikuti satu sesi kelas, tiba-tiba Gutierrez mendapat telepon dari Carver (pelatih Newcastle saat itu) yang menyatakan jika klub tidak lagi memberikan penawaran kontrak baru.

“Saya memang tidak pernah berharap memperoleh tawaran kontrak baru. Saya harus melanjutkan kehidupan saya. Namun, cara mereka menyampaikan penghentian kontrak melalui telepon sungguh mengecewakan. Mengapa mereka tidak bicara dengan saya secara langsung dan mengatakan, ‘kamu harus kami pecat’? itu lebih baik,” ujar Gutierrez.

Nama Jonas Gutierrez sendiri bukan pemain sembarangan di Newcastle United, winger asal Argentina ini merupakan salah satu pemain terlama membela The Magpies mulai dari 2008 hingga 2015. Oleh karena itu Jonas Gutierrez sempat diberi ban kapten oleh Newcastle United.

Total pemain yang kerap dipanggil Jonas ini mencatatkan 187 penampilan, dengan menorehkan 11 gol buat Newcastle United bahkan ia juga berkontribusi dalam keberhasilan tim meraih gelar juara Football League Championship 2009/10.

Pasca melepas Jonas Gutierrez, bencana perlahan datang ke tubuh Newcastle United dan puncaknya mereka harus terdegradasi dari kasta teratas Liga Inggris pada musim 2015/16 atau tepat semusim setelah melepas Gutierrez.

Beruntung kiprah Newcastle United di Divisi Championship hanya berlangsung semusim, dan pada tahun berikutnya mereka berhasil kembali naik kasta dan bertahan hingga saat ini.