Liga Indonesia

Tangan Kanan Luis Milla Ditawari Latih Klub Liga 1

Senin, 27 April 2020 17:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bayu Eka Sari atau kerap disapa Bang Bes merupakan tangan kanan (penerjemah) Luis Milla saat masih melatih Timnas Indonesia. Siapa sangka, hal itu membuat Bang Bes ikutan terjun langsung menjadi pelatih.

Bang Bes menjelaskan, kini ia mengantongi lisensi C AFC. Rencananya, tahun ini akan melanjutkan ke lisensi B AFC dan mulai mengawali karir kepelatihan dari level bawah yakni sekolah sepak bola, ASIOP U-12.

Menariknya, Bang Bes mengaku pernah ditawari untuk menjadi asisten pelatih klub Liga 1 tahun ini. Akan tetapi, ia merasa pengalamannya belum seberapa sehingga memutuskan menolak ajakan tersebut.

"Kemarin sempat ditawari ke klub cuma belum pede (percaya diri). Nanti dulu. Mungkin tahun depan lebih siap," katanya.

"Ada klub dari Pulau Jawa, gak enak kalau sebut merek. Pokonya jadi asisten Liga 1," imbuh Bang bes.

Tak hanya klub Liga 1, Bang Bes mengatakan, ada klub Liga 3 dan klub U-20 yang tertarik menggunakan jasanya. Hanya saja, ia belum mengambil keputusan meski menyukai tantangan yang diberikan klub tersebut.

"Ada juga tim Liga 3 yang nawarin jadi head coach. Lalu klub U-20 Liga 1 juga ada yang nawarin, tapi so far saya masih di PSSI," ujar pria kelahiran 26 Oktober 1990.

"Saya sejatinya tertarik ke klub yang cukup gila untuk ambil resiko hire pelatih muda seperti saya," imbuhnya.

Bang Bes memang berhasrat untuk menjadi pelatih profesional, semenjak dibimbing Luis Milla. Ia mengidolai Jose Morinho dan ingin mengikuti jejaknya yang mengawali karier kepelatihan dari menjadi penerjemah.