In-depth

Pemain Berdarah Indonesia Jadi Jimat Keberuntungan Klub Belanda Ini

Selasa, 28 April 2020 20:56 WIB
Editor: Coro Mountana
© thomhaye
Pemain Berdarah Indonesia Jadi Jimat Keberuntungan Klub Belanda Ini. Copyright: © thomhaye
Pemain Berdarah Indonesia Jadi Jimat Keberuntungan Klub Belanda Ini.

INDOSPORT.COM – Thom Haye, merupakan pemain berdarah Indonesia yang sukses menjadi jimat keberuntungan klub Liga Belanda ini.

Mengawali musim ini dengan mimpi buruk setelah diputus kontrak oleh klub Serie A Italia, Lecce, tak membuat Thom Haye patah arang. Dewi fortuna pun memihak Thom Haye dengan adanya tawaran dari ADO Den Haag, klub kasta teratas Liga Belanda.

Namun sayang penampilannya sebagai jenderal lapangan tengah tampak tak terlalu memuaskan ADO Den Haag. Akibatnya pada awal tahun ini, ia pun dipinjamkan ke klub kasta kedua Liga Belanda, NAC Breda.

Sepintas, peristiwa itu membuat karier Thom Haye mengalami penurunan, tapi tunggu dulu. Setelah dilakukan penelusuran tentang karier Thom Haye di NAC Breda, ternyata ia bisa dikatakan berhasil menjadi jimat keberuntungan bagi klub Belanda itu.

Jimat Keberuntungan Itu Bernama Thom Haye

Masuk ke NAC Breda pada akhir Januari, Thom Haye pun langsung debut melawan Excelsior yang berkesudahan 2-2. Secara total hingga virus corona menghentikan kelanjutan Liga Belanda, Thom Haye tak pernah sekalipun absen mengisi lini tengah NAC Breda.

Bermain dalam 6 laga, Thom Haye memang hanya menciptakan satu assists saja. Akan tetapi perlu dicermati juga kalau sejak ia datang, NAC Breda belum pernah sekalipun mengalami kekalahan di kasta kedua Liga Belanda.

© Getty Images
Joey Suk saat berseragam NAC Breda. Copyright: Getty ImagesJoey Suk saat berseragam NAC Breda.

Bahkan saat bertandang ke markas tim kuat Ajax U-21 saja, Thom Haye sukses membawa NAC Breda menang dramatis dengan skor ketat, 4-2. Tak pelak, Thom Haye pun sukses membawa NAC Breda ke papan atas untuk mengintip tiket promosi ke Eredivisie Belanda.

Sayang mimpi untuk membawa NAC Breda promosi pun harus pupus usai virus corona membuat seluruh aktifitas sepak bola Belanda mati total. Sebagai catatan, selain jadi jimat keberuntungan di ajang Liga, ternyata Thom Haye juga catat prestasi di Piala Belanda.

Berstatus sebagai tim kasta kedua, Thom Haye sukses membawa NAC Breda tampil mengejutkan dengan bertahan hingga babak semifinal. Prestasi itupun membuat NAC Breda menjadi satu-satunya tim non kasta teratas Liga Belanda yang bisa bertahan di semifinal Piala Belanda.

Capaian untuk mencapai semifinal pun terbilang menakjubkan karena Thom Haye sukses membawa NAC Breda mengalahkan AZ Alkmaar di 8 besar. Padahal AZ Alkmaar sedang bersaing dengan Ajax Amsterdam di jalur juara Liga Belanda.

Semakin membanggakan, kemenangan sensasional atas tim kuat, AZ Alkmaar terjadi di kandang lawan dengan skor meyakinkan, 3-1. Kini meskipun kompetisi Liga Belanda telah dihentikan, tetapi kalau Thom Haye sukses jadi jimat keberuntungan NAC Breda tak terbantahkan.