Bola Internasional

Jadi ‘Bencana’ PSG, Neymar Bakal Dilepas ke Barcelona?

Rabu, 29 April 2020 10:11 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© BBC/Getty Images
Superstar Neymar dianggap hanya menjadi beban finansial bagi Paris Saint-Germain (PSG). Klub asal Prancis itu sudah menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk gajinya selama tiga tahun terakhir. Copyright: © BBC/Getty Images
Superstar Neymar dianggap hanya menjadi beban finansial bagi Paris Saint-Germain (PSG). Klub asal Prancis itu sudah menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk gajinya selama tiga tahun terakhir.

INDOSPORT.COM – Superstar Neymar dianggap hanya menjadi beban finansial bagi Paris Saint-Germain (PSG). Klub asal Prancis itu sudah menggelontorkan dana triliunan rupiah untuk gajinya selama tiga tahun terakhir.

Paris Saint-Germain mendatangkan Neymar dari Barcelona dengan kesepakatan senilai 221 juta euro atau Rp3,7 triliun pada musim panas 2017 silam.

Sejak saat itu, penyerang asal Brasil itu baru memainkan 80 dari 155 pertandingan yang dilakoni PSG di semua kompetisi. Jadi, Neymar hanya bermain 51 persen dari total laga, dengan rata-rata 26 pertandingan per musim.

Dilansir dari Marca, catatan ini sungguh menjadi hal yang tak pernah disangka oleh PSG. Pasalnya, raksasa Ligue 1 Prancis itu hanya mengalami kerugian finansial alih-alih merasakan kontribusi sang pemain.

Dalam kesepakatan awal, PSG wajib membayar upah neymar 37 juta euro Rp623 miliar per musim. Artinya, setiap penampilan Neymar akan dibayar sekitar 1,4 juta euro atau Rp23 miliar.

Dengan jumlah 80 pertandingan yang dimainkan Neymar, maka PSG sejauh ini sudah menggajinya sebesar 111 juta euro atau Rp1,8 triliun.

Sebagaimana diketahui, Neymar kerap mengalami cedera sejak tiba di PSG. Dia bahkan pernah melewatkan laga penting melawan Real Madrid dan Manchester United di ajang Liga Champions.

Sebelum Piala Dunia 2018, pemain 27 tahun itu absen selama 3 bulan. Sementara pada musim 2017-2018, dia hanya mencatatkan 30 dari 56 pertandingan klub.

Di musim berikutnya, Neymar juga harus dihadang cedera sehingga memaksanya absen selama 88 hari dan hanya bermain 28 dari 55 pertandingan.

Sedangkan cedera patah pergelangan kaki pada Juni 2019 membuatnya absen dan gagal mengawali musim 2019-2020 bersama PSG. Sejauh ini dia baru mencatat 22 pertandingan dari 44 laga.

Dengan kerugian yang dialami PSG, muncul pertanyaan apakah klub masih akan mempertahankannya atau tidak. Sementara sang pemain saat ini santer dikaitkan dengan kepindahannya ke Barcelona.

Ya. Barcelona jadi klub terdepat yang berupaya keras memulangkan Neymar ke Camp Nou. Selain Blaugrana, Real Madrid juga ingin menjadikan Neymar transfer saga musim panas ini.