Liga Inggris

Legenda Liverpool: Harry Maguire Itu Virgil van Dijk Versi Man United

Rabu, 29 April 2020 11:03 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Michael Regan/Getty Images
Ternyata Manchester United sudah memiliki
Ternyata Manchester United sudah memiliki "Virgil van Dijk" versi mereka sendiri yakni Harry Maguire.

INDOSPORT.COM - Kehebatan Virgil van Dijk memperkuat lini belakang Liverpool di banyak pertandingan, termasuk Liga Inggris, sudah tidak diragukan lagi. Namun siapa sangka bila sang rival abadi, Manchester United juga memiliki sosok Virgil van Dijk versi mereka sendiri.

Pendapat itu muncul dari legenda Liverpool, Jamie Carragher. Baginya Harry Maguire selaku pemain bertahan Manchester United bisa dianggap sebagai Virgil van Dijk versi Inggris karena berdasarkan kemampuan serupa.

"Saya pikir Harry Maguire adalah Virgil van Dijk versi Inggris, versi Man United. Dia adalah figur pemimpin dan dia merupakan bek tengah yang selalu wajib masuk tim utama," ucap Carragher dilansir laman Mirror.

Bagi Carragher Maguire bisa membuat kombinasi luar biasa ketika melakoni laga bersama Timnas Inggris bersama dengan bek muda Liverpool, Joe Gomez. Pasalnya karena kemiripan dengan van Dijk tentu bisa memberikan keuntungan pertahan kokoh.

"Saya pikir Gomez ketika menjalani kejuaraan Euro bisa membuat tandem sempurna dengan Harry Maguire. Ketika Timnas Inggris melakoni turnamen terakhir ada John Stones yang selalu takluk lebih awal, sehingga sangat perlu peran serta beberapa bek tengah," tambahnya lagi.

Seperti kata Carragher, memang ada kemiripan antara van Dijk dan Maguire. Jika berdasarkan soal harga, kedua pemain ini mendapat predikat sebagai bek dengan biaya transfer termahal.

Liverpool membeli van Dijk dari Southampton dengan harga 84 juta euro (Rp1,3 triliun) pada 2018 lalu. Kemudian Manchester United menyusul setahun kemudian dengan memecahkan rekor transfer The Reds dengan membeli Maguire dari Leicester City seharga 87 juta euro (Rp1,46 triliun).

Jika berdasarkan data Whoscored, baik Maguire dan van Dijk memiliki kualitas pemain bertahan dengan rating nilai tujuh keatas. Bek Manchester United dan Liverpool itu diketahui memiliki keunggulan dalam duel udara, passing, dan peran serta dalam strategi bertahan.