Liga Indonesia

Ronaldinho dan Bintang Dunia yang Sempat Dirumorkan ke Persib

Rabu, 29 April 2020 07:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Termasuk Ronaldinho, berikut pesepakbola top dunia yang sempat dirumorkan bakal berlabuh ke skuat klub Liga 1 Persib Bandung. Siapa sajakah mereka?

Nama besar Persib sendiri memang menjadi daya tarik bagi para pesepakbola, tidak cuma dalam negeri bahkan sejumlah bintang asing jarang menolak andai datang tawaran dari Pangeran Biru.

Buktinya, pada 2017 lalu ada dua pemain jebolan Liga Inggris yang bersedia mencoba peruntungan di Liga 1 dan memilih Persib sebagai pelabuhan barunya.

Mereka adalah Michael Essien dan Charlton Cole. Meski keduanya dianggap kurang memberikan kontribusi, namun tetap saja usaha manajemen klub mendatangkan mantan pemain bintang ke Tanah Pasundan itu wajib diapresiasi.

Selain itu, nama besar Persib juga membuat mereka terus menjadi pembicaraan hangat setiap pembukaan bursa transfer, dan tidak sedikit sejumlah nama top pernah dikaitkan dengan tim yang bermarkas di Stadion Si Jalak Harupat ini.

Tidak tanggung-tanggung, pemain dengan gelar banyak macam Ronaldinho pun pernah dikabarkan masuk radar transfer Persib.

Meski akhirnya gagal terealisasi, namun rumor tersebut membuktikan jika tim Indonesia pun bisa menarik minat pesepakbola dunia.

Lantas siapa sajakah para pemain bintang lain yang pernah dirumorkan gabung ke Persib tersebut? Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut INDOSPORT coba merangkum dan menulisnya.

Wesley Sneijder

© Inter.it
Wesley Sneijder Copyright: Inter.itWesley Sneijder saat berseragam Inter.

Sebelum memutuskan pensiun pada 2019 lalu, laman FOX Sports pernah menyebutkan bahwa Persib Bandung sebagai kandidat pelabuhan terakhir Wesley Sneijder.

Terlebih, Maung Bandung saat itu memang sedang berencana membenahi tim usai pelatih Mario Gomez didepak.Tetapi sayangnya, rumor tersebut tak menjadi kenyataan.  

Sneijder malah melanjutkan karirnya di Al-Gharafa, klub yang juga diperkuat Andri Syahputra itu sekaligus menjadi penutup karir sepak bolanya hingga akhir musim 2018/19.

Ronaldinho

© Giuseppe Bellini/Getty Images
Nomor punggung dengan angka besar sempat dikenakan Ronaldinho saat di AC Milan, yakni 80. Copyright: Giuseppe Bellini/Getty ImagesNomor punggung dengan angka besar sempat dikenakan Ronaldinho saat di AC Milan, yakni 80.

Mantan pemain AC Milan dan Barcelona ini ternyata pernah dikabarkan bakal menjadi punggawa Persib, bahkan rumor tersebut sangat diyakini oleh Manajer Persib Bandung saat itu, Umuh Muchtar atau yang akrab disapa H. Umuh.

Dalam beberapa kesempatan disebutkan, bahwa H. Umuh mengungkapkan keinginan tim untuk mendatangkan pemain kelas dunia itu. Soal nilai transfer menurutnya Ronaldinho masih terjangkau dengan kondisi keuangan tim.

Sayangnya niat mendatangkan Ronaldinho pupus, lantaran sang pemain lebih menyetujui karir sebagai duta Barcelona, dan Persib pun menjatuhkan minat kepada Essien dan Carlton Cole saat itu sebagai pengganti.

Carlos Tevez

© AFP
Carlos Tevez saat berseragam Shanghai Shenhua Copyright: AFPCarlos Tevez saat berseragam Shanghai Shenhua.

Pasca gagal mendatangkan Ronaldinho, manajemen Maung Bandung masih berhasrat untuk mendatangkan pemain kelas dunia ke stadion Si Jalak Harupat dan kali ini pilihannya jatuh pada Carlos Tevez.

Bahkan pihak Persib dikabarkan sudah sempat menjalani pembicaraan dengan perwakilan mantan bomber Juventus, Manchester City, dan Manchester United tersebut.

Namun lagi-lagi, pemain incaran Maung Bandung harus lepas dan kali ini Tevez memutuskan untuk menerima pinangan klub Liga China, Shanghai Shenhua.

Dikabarkan, jika Tevez meninggalkan Boca Juniors dan menerima pinangan Shanghai Shenhua usai pihk klub setuju dengan gaji Rp10 miliar per pekan buat sang pemain.