Liga Indonesia

Siapa yang Cocok Dinobatkan Raja Assist Era Liga 1 2017-2020?

Rabu, 29 April 2020 19:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ShopeeLiga1
Liga 1 telah memasuki musim keempat, menggantikan branding kompetisi sebelumnya dikenal dengan Indonesia Super League (ISL). Copyright: © ShopeeLiga1
Liga 1 telah memasuki musim keempat, menggantikan branding kompetisi sebelumnya dikenal dengan Indonesia Super League (ISL).

INDOSPORT.COM - Liga 1 telah memasuki musim keempat, menggantikan branding kompetisi sebelumnya dikenal dengan Indonesia Super League (ISL).

Selama empat musim bergulirnya Liga 1, tercatat ada dua pemain yang layak disematkan sebagai raja assist.

Menurut data Labbola, pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak tercatat sebagai penyumbang assist terbanyak untuk satu pemain yakni ke Marko Simic dengan torehan sembilan assist. Catatan tersebut dihitung sejak 2017 hingga tiga pekan awal musim 2020.

Setelah Riko berikutnya ada, Paulo Sergio dengan delapan assist untuk Ilija Spasojevic, lalu Wijan Pluim dengan tujuh assist ke Ferdinand Sinaga dan disusul beberapa nama lain seperti Rizky Pora (7 assist ke Rafael Feital dan Samsul Arif), Terens Puhiri (7 assist ke Lerby Eliandry), Irfan Bachdim (7 assist ke Sylvano Comvalius) dan Kei Hirose (7 assist ke Alex dos Santos).

Sementara itu, untuk catatan raja assist dari Liga 1 2017-2020, nama Rizky Pora menjadi yang teratas. Pemain Barito Putera itu menorehkan 29 assist hingga pekan ketiga musim ini.

Setelah Rizky Pora, pemain asing Bali United, Paulo Sergio menyusul dengan catatan 27 assist. Selanjutnya ada Wiljan Pluim dari PSM Makassar dengan 23 assist, Dedi Hartono dari Borneo FC dengan 23 assist dan Boaz Solossa dari Persipura Jayapura dengan 23 assist.

Menariknya, dari penyumbang assist terbanyak dalam empat musim terakhir, hanya Dedi Hartono yang mencatatkannya di empat tim berbeda.

Ia membuat assist kala bermain untuk Mitra Kukar, Semen Padang, Barito Putera dan Borneo FC. Sedangkan Paulo Sergio membukukannya ketika bermain di Bhayangkara FC dan Bali United.

Saat ini Liga 1 2020 tengah vakum sementara akibat pandemi virus corona. Jika liga kembali dilanjutkan pada Juni mendatang, bukan tak mungkin catatan apik para pemain tersebut akan terus bertambah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%