Liga Indonesia

Striker Persib Pernah Cicipi Digembleng Eks Timnas di Eropa

Rabu, 29 April 2020 17:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib Bandung ternyata pernah cicipi digembleng habis oleh eks pelatih Timnas Indonsia Pieter Huistra di Eropa, tepatnya Belanda. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Striker Persib Bandung ternyata pernah cicipi digembleng habis oleh eks pelatih Timnas Indonsia Pieter Huistra di Eropa, tepatnya Belanda.

INDOSPORT.COM - Striker Persib Bandung ternyata pernah cicipi digembleng habis oleh eks pelatih Timnas Indonsia Pieter Huistra di Eropa, tepatnya Belanda.

Desember 2014, Huistra dipercaya menjadi Direktur Teknik PSSI berkat rekomendasi FIFA. Dirinya dituntut untuk bisa mengembangkan dunia sepak bola Indonesia.

Usai menjalankan tugas dalam beberapa waktu, Huistra dipercaya menjadi kepala pelatih sementara Timnas Indonesia, awal Maret 2015.

Huistra ditunjuk untuk melakoni dua pertandingan Pra Piala Dunia 2018 melawan China Taipei dan Irak pada pertengahan Juni kala itu.

Akan tetapi Huistra tak bisa menjalankan debut perdana sebagai pelatih Timnas Indonesia usai FIFA menjatuhkan hukuman keras atas kisruh PSSI dan Kemenpora.

FIFA melarang PSSI menjalankan aktifitas sepak bola domestik ataupun internasional. Sehingga pekerjaan Huistra tertunda untuk waktu yang cukup lama.

Pada Desember 2015, Huistra dan PSSI memilih untuk mengakhiri kerja sama. Pelatih asal Belanda itu pun akhirnya berlabuh ke beberapa tim.

Hingga akhirnya saat ini menjadi asisten pelatih klub Liga 1 Uzbekistan Pakhtakor Tashkent sejak 1 Juli 2017 hingga 30 Juni 2020.

Meski demikian ada hal menarik yang bisa dicermati bersama akan perjalanan karier Huistra sebelum menukangi Timnas Indonesia.

Pasalnya saat menjadi kepala pelatih Ajax Amsterdam U-21 pada 2009-10 silam, Huistra sempat menggembleng striker Persib Bandung.

Penyerang yang dimaksudkan ialah pemain kelahiran Belanda Geoffrey Castillion. Kedua orang ini turut bekerja sama saat masih di Ajax U-21.

Namun tak diketahui secara detil mengenai berapa kali tampil, cetak gol, dan assist berdasarkan data Transfermarkt ataupun Soccerway.

Castillion baru saja dikontrak Persib pada awal 2020 dan sudah membuat tiga penampilan dengan mengemas dua gol tetapi kompetisi Liga 1 haru ditunda akibat COVID-19.