Liga Indonesia

Bang BES Ternyata Pernah Kewalahan Hadapi Luis Milla

Kamis, 30 April 2020 19:37 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© bangbes
Di luar dugaan Bayu Eka Sari atau Bang BES (kanan) pernah kewalahan saat menemani Luis Milla di Timnas Indonesia. Copyright: © bangbes
Di luar dugaan Bayu Eka Sari atau Bang BES (kanan) pernah kewalahan saat menemani Luis Milla di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Luis Milla bergabung menjadi pelatih Timnas Indonesia pada pertengahan 2017 lalu. Pelatih asal Spanyol itu pun sudah melewati dua kompetisi.

Selama menjadi pelatih di Indonesia, Luis Milla ditemani oleh seorang penerjemah sekaligus asistennya, Bayu Eka Sari atau yang akrab disapa Bang BES. Bang BES pun awalnya mengaku kewalahan menghadapi Luis Milla.

“Di awal sama Coach Luis Milla kewalahan bahasa sepak bola nggak gampang. Kalau kita ngomong bahasa Inggris, percakapan biasa kan bisa-bisa aja karena sering nonton film.”

“Tapi kalau udah spesifik bahas olahraga, bahas hukum, bahas ekonomi, kan emang harus dipelajari,” kata BES saat live instagram bersama redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (28/04/20).

Akhirnya, dirinya pun mengambil Lisensi kepelatihan untuk lebih mengerti hal-hal yang disampaikan pelatih.

“Nah saat itu saya kewalahan pas sama Coach Luis awal-awal, akhirnya saya punya inisiatif untuk ambil kursus pelatih waktu itu Lisensi D, yang organize juga PSSI di Jakarta.”

“Pas SEA Games ambil Lisensi C, jadi pas Coach Simon saya sudah punya lisensi AFC waktu itu. Akhirnya semakin paham dengan penggunaan bahasa. Sementara sabtu minggu saya melatih juga di SSB ASIOP Jakarta,” tambah Bang BES.

Pria kelahiran Makasssar itu pun saat ini juga mengantongi lisensi C AFC. Rencananya, tahun ini (2020) akan melanjutkan ke lisensi B AFC dan mulai mengawali karier kepelatihan dari level bawah yakni sekolah sepak bola, ASIOP U-12.