Liga Italia

Jika Donnarumma Pergi, Saatnya Milan Boyong Kiper Kelahiran Mataram

Jumat, 1 Mei 2020 06:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Jika suatu saat nanti Gianluigi Donnarumma harus pergi, klub Serie A Italia, AC Milan, mungkin sudah saatnya memboyong kiper berdarah Mataram. Copyright: © Getty Images
Jika suatu saat nanti Gianluigi Donnarumma harus pergi, klub Serie A Italia, AC Milan, mungkin sudah saatnya memboyong kiper berdarah Mataram.

INDOSPORT. COM - Jika suatu saat nanti Gianluigi Donnarumma harus pergi, klub Serie A Italia, AC Milan, mungkin sudah saatnya memboyong kiper berdarah Mataram.

Berulang kali Gianluigi Donnarumma diiuskan bakal hengkang meninggalkan San Siro. Pesona kiper berusia 21 tahun itu banyak membuat klub top Eropa berminat mendatangkannya.

Teranyar, menurut laporan Dailymail, Donnarumma sedang didekati raksasa Liga Inggris, Chelsea. Pihak The Blues ingin membajak Donnarumma, demi menggantikan kiper termahal dunia yang kini performanya dianggap kurang konsisten, Kepa Arrizabalaga.

Bukan hanya Chelsea saja yang mendekat, Paris Saint-Germain, peminat lama Donnarumma masih coba mengejar. Belum lagi datang Real Madrid, yang sudah mulai resah atas menurunnya performa Thibaut Courtois, dan berharap mendapatkan Donnarumma sebagai pengganti.

Godaan yang datang silih berganti, bukan mustahil akan berhasil menggoyahkan kesetiaan Donnarumma. Andai itu terjadi, AC Milan mau tak mau harus mencari kiper baru yang kualitasnya tak kalah jauh dari Donnarumma.

Bila membutuhkan opsi, ada kiper berdarah Mataram yang mungkin layak diboyong AC Milan. Sosok penjaga gawang yang dimaksudkan itu bernama Emil Audero Mulyadi.

Sosok Emil memang memiliki keturunan Indonesia dalam dirinya. Situs Transfermarkt menyebutkan, Emil lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Karier Emil sebagai penjaga gawang tergolong lumayan memukau. Emil menimba ilmu dan lulus dari polesan akademi klub top Serie A Italia, Juventus.

Emil yang kini berusia 23 tahun, dipromosikan ke tim utama Juventus pada 2015. Sayangnya, Emil gagal merebut tempat utama, dan cuma mendapat satu kali kesempatan bermain.

Kiprah Emil lantas coba dipinjamkan ke Venezia dan Sampdoria. Pihak Sampdoria sepertinya puas dengan penampilan Emil, sehingga pada 1 Juli 2019 kontrak peminjaman diubah menjadi perekrutan permanen.

Sepanjang musim 2019/20, posisi Emil sebagai penjaga gawang utama Sampdoria tak tergoyahkan. Emil tak pernah sekalipun absen dari 25 laga yang telah dilalui Sampdoria pada pentas Serie A Italia 2019/20, dengan catatan 44 kebobolan, serta tujuh clean sheets.

Penampilan gemilang Emil bersama Sampdoria, membuatnya masuk ke dalam skuat Timnas Italia U-21 untuk ajang Piala Eropa U-21 2019. Namun Emil hanya jadi kiper kedua saja, ketimbang pilihan utama, Alex Meret.

Emil jadi opsi paling logis AC Milan untuk mendapatkan kiper berkualitas asli Italia, jika nanti Donnarumma pergi. Alex Meret yang tadi disebutkan mendapat posisi utama di Timnas Italia U-21, sekarang sudah dimiliki Napoli, yang rasanya sulit diboyong AC Milan.

Kalau mau diwujudkan, harga Emil menurut situs Transfermarkt menyentuh kisaran angka 12 juta euro. Bagi ukuran finansial AC Milan, harga Emil pasti bisa diboyong, toh hasil penjualan Donnarumma nantinya juga besar melimpah.