Bola Internasional

Terselip Eks Persib, Ini 3 Pemain Bola Terkenal yang Berawal dari Buruh

Jumat, 1 Mei 2020 11:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Berikut ada 3 pemain sepak bola yang berawal dari buruh hingga akhirnya bisa terkenal di lapangan hijau, terselip ada eks Persib Bandung, lho. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Berikut ada 3 pemain sepak bola yang berawal dari buruh hingga akhirnya bisa terkenal di lapangan hijau, terselip ada eks Persib Bandung, lho.

INDOSPORT.COM - Berikut ada 3 pemain sepak bola yang berawal dari buruh hingga akhirnya bisa terkenal di lapangan hijau, terselip ada eks Persib Bandung, lho.

Hari ini, tepatnya setiap 1 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh Sedunia. Para buruh diberbagai negara kerap merayakan momen ini dengan beragam cara.

Hari Buruh lahir dari berbagai perjuangan keras para kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi dan politis akan hak-hak industrial.

Sebab dahulu para buruh masih kurang mendapat kesejahteraan dari berbagai sektor oleh pengusaha yang masih perpikiran meraup untung sebanyak-banyaknya.

© Victory News
Ilustrasi Hari Buruh Sedunia (May Day) yang biasa diperingati pada 1 Mei. Copyright: Victory NewsIlustrasi Hari Buruh Sedunia (May Day) yang biasa diperingati pada 1 Mei.

Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions.

Sederet negara pun akhirnya menetapkan kalau 1 Mei hari libur nasional, termasuk Indonesia. Namun ada pula sektor industri yang tak menetapkannya.

Buruh juga tak lepas dari olahraga sepak bola. Banyak klub-klub sepak bola dunia lahir dari kelas pekerja rendah dan kini malah terkenal.

Selain klub, beberapa pemain sepak bola juga ada yang berawal dari buruh kemudian bisa terkenal lantaran memiliki bakat di dunia si kulit bundar.

Menarik untuk diketahui siapa saja para pemain sepak bola dari kalangan buruh? Berikut datanya yang telah INDOSPORT rangkum.

1. Rickie Lambert

© Clint Hughes/Getty Images
Mantan pemain klub Liga Inggris Liverpool Rickie Lambert. Copyright: Clint Hughes/Getty ImagesMantan pemain klub Liga Inggris Liverpool Rickie Lambert.

Mantan striker Timnas Inggris Rickie Lambert merupakan salah satu pemain sepak bola yang sempat mencicipi jadi buruh pabrik semasa kariernya.

Hal itu terjadi ketika, Lambert didepak dari Blackpool (1998-00). Nasib yang kurang mengenakan itu membuat Lambert mencari peruntungan lain.

Kala berlatih dengan klub Macclesfield Town (2001-02), Lambert turut menyambi jadi buruh di pabrik ubi sekitar wilayah tersebut sambil menunggu resmi dikontrak.

Kerja kerasnya itu membuahkan hasil. Pasca dikontrak Macclesfield Town, karier Lambert terus meningkat hingga puncaknya membela Liverpool (2014-15).

2. Jamie Vardy

© Getty Images/Laurence Griffiths
Striker Leicester City, Jamie Vardy. Copyright: Getty Images/Laurence GriffithsStriker klub Liga Inggris Leicester City, Jamie Vardy.

Kemudian ada striker Leicester City Jamie Vardy yang siapa sangka kalau dirinya turut menjadi buruh pabrik sebelum terkenal di sepak bola.

Hal itu terjadi ketika Vardy bermain untuk klub Divisi Satu Selatan Park Steels. Karena mendapat bayaran kecil, Vardy harus nyambi kerja kasar.

"Saya buruh serat karbon. Kerjanya memasukan fiber ke dalam cetakan," kenang Vardy dikutip Mirror, Desember 2015.

Lewat kerja keras dan pantang menyerah, kini Vardy tengah menikmati hasilnya. Puncaknya Vardy turut membela Timnas Inggris sejak 2015 silam hingga kini.

3. Hariono

© Arief Rahman/INDOSPORT
Wajah sedih Hariono di laga terakhirnya bersama Persib Bandung di Liga 1. Copyright: Arief Rahman/INDOSPORTWajah sedih Hariono di laga terakhirnya bersama Persib Bandung di Liga 1.

Lalu terselip pula eks bintang Persib Bandung Hariono yang juga diketahui pernah menjadi buruh hingga akhirnya bisa menjadi pemain sepak bola terkenal.

Hal itu terjadi sudah cukup lama. Dimana Hariono sempat menjadi buruh di bagian gudang minimarket Sidoarjo, Jawa Timur sekitar empat tahun.

Beruntung, tempatnya bekerja dulu tetap mengizinkan Hariono untuk bisa bermain sepak bola. Hal tersebut membawa dampak baik bagi Hariono.

Secara perlahan, gelandang bertahan ini merangkak naik akan kariernya di dunia sepak bola kala membela Persida, Deltras, Persib, Bali United, dan Timnas Indonesia.