Bola Internasional

Adu Pemanasan Ikonik Maradona vs Burridge, Siapa Lebih Nyentrik?

Sabtu, 2 Mei 2020 13:55 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Indra Citra Sena
© thenational
Tak hanya tenar akan kemampuan ciamiknya di atas lapangan, Diego Maradona juga terkenal akan aksi ikoniknya saat melakukan pemanasan bersama Napoli dulu. Copyright: © thenational
Tak hanya tenar akan kemampuan ciamiknya di atas lapangan, Diego Maradona juga terkenal akan aksi ikoniknya saat melakukan pemanasan bersama Napoli dulu.

INDOSPORT.COM - Beberapa puluh tahun yang lalu, sebelum memulai pertandingan biasanya para pemain yang akan bertanding melakukan pemanasan di dalam lapangan.

Pemanasan yang dilakukan biasanya terlihat wajar, tidak terlalu mencuri perhatian para penonton yang telah memadati stadion.

Namun, ada beberapa pemanasan yang dilakukan oleh pesepakbola berhasil menjadi ikonik sampai saat ini. Beberapa di antaranya bahkan menjadi ciri khas sang pemain.

Seperti pemanasan yang pernah dilakukan oleh Diego Armando Maradona ketika masih berseragam Napoli. Pemanasan tersebut dilakukan oleh legenda hidup Argentina itu menjelang kick-off laga semifinal Piala UEFA 1988/89 kontra Bayern Munchen.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @NapoliAndNaples, Maradona terlihat bermain santai sambil menimang-nimang bola. Dirinya juga terlihat melakukan menggoyang-goyangkan pinggulnya sembari melompat-lompat kecil.

Pemanasan yang dilakukan oleh Maradona ini menjadi salah satu pemanasan yang ikonik dan tak akan lekang oleh waktu.

Namun ternyata selain Maradona, ada satu pemain yang cukup legendaris asal Inggris yang juga terkenal akan aksi pemanasannya di lapangan. Pesepak bola tersebut adalah John Burridge, kiper andalan Newcastle United era 1990-an.

Burridge tak hanya tenar berkat kemampuannya di bawah mistar, melainkan juga gara-gara aksi pemanasannya yang berhasil mencuri perhatian publik. Tidak hanya saat itu, namun hingga sekarang.

Dalam pemanasan yang terjadi saat Burridge masih membela Crystal Palace tersebut, dirinya terlihat melakukan aksi-aksi yang tergolong unik.

Tidak hanya melakukan gerakan yang melenturkan otot-otot tubuhnya, dia dengan percaya diri melakukan handstand dan salto di tengah stadion yang telah dipadati oleh puluhan ribu penonton.

Dia percaya, gerakan pemanasan yang dia lakukan adalah gerakan yang benar yang seharusnya dilakukan oleh para pesepak bola menjelang laga berlangsung.

Atas aksinya tersebut, sepertinya Burridge berhak menyandang status sebagai kiper dengan gerakan pemanasan paling eksentrik yang pernah ada.

Lalu, mana di antara Maradona dan Burridge yang berhak menyandang status sebagai pelaku pemanasan paling ikonik sepanjang masa? Goyang pinggul Maradona atau aksi salto Burridge di tengah stadion ya? Hmm sulit juga.