Liga Indonesia

Anan Lestaluhu, Pemain Muda Tulehu Paling Beruntung Sepanjang Liga 1

Sabtu, 2 Mei 2020 06:17 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Jacatra.net
Anan Lestaluhu, Pemain Muda Tulehu Paling Beruntung Sepanjang Liga 1 Copyright: © Jacatra.net
Anan Lestaluhu, Pemain Muda Tulehu Paling Beruntung Sepanjang Liga 1

INDOSPORT.COM - Kisah unik Anan Lestaluhu, salah pesepakbola muda asal Tulehu yang bernasib paling beruntung sepanjang gelaran Liga 1 Indonesia.

Tulehu sendiri memang dikenal sebagai pabrik pemain bola nasional, tidak heran jika banyak pesepakbola Tanah Air yang lahir disana, dan Lestaluhu menjadi salah satu marga yang cukup diperhitungkan dalam sepak bola Indonesia.

Sepanjang sejarah, cukup banyak pemain nasional yang menyandang nama Lestaluhu mulai dari Alfin, Abduh, Ramdani dan teranyara ada Anan.

Dari sekian banyak pesepakbola nasional pengguna nama Lestaluhu, Anan memiliki kisah cukup unik dan berbau keberuntungan dalam karirnya di Liga 1.

Tercatat, pemain berusia 20 tahun tersebut menjadi pesepakbola termuda yang mampu back to back juara Liga 1 sepanjang sejarah, bahkan mungkin satu-satunya pemain di bawah 20 tahun yang bisa melakukannya.

Kisah bermula pada tahun 2018 silam, saat dirinya menjadi bagian Persija Jakarta dalam meraih gelar juara Liga 1 2018. Di musim tersebut, Anan sejatinya cukup berkontribusi dalam permainan Macan Kemayoran.

Terbukti dalam empat kali penampilannya kala itu, Anan berhasil membawa Persija tidak terkalahkan dan cuma sekali meraih hasil imbang saat bertemu Tira-Persikabo. 

Hebatnya lagi, dari empat pertandingan yang dimainkan Anan, ada dua laga yang berakhir dengan clean sheets. Empat penampilan Anan tersebut tentu sangat berjasa besar dalam kesuksesan Persija meraih gelar Liga 1 2018 lalu. 

Namun sayang, meski berkontribusi dalam keberhasilan Persija merengkuh gelar juara di akhir musim, manajemen Macan Kemayoran belum terkesima dengan penampilan Anan dan malah menjualnya ke Bali United musim selanjutnya.

Menariknya, walau terbuang dari sang juara bertahan, pemain muda ini malah mendapat nasib yang tidak kalah mujur dari musim sebelumnya kala berseragam Bali United.

Bergabung dengan Laskar Tridatu, Anan yang cuma bermain dua kali dalam semusim malah kembali sukses merengkuh gelar juara Liga 1 usai Bali United kokoh di puncak klasemen dengan 64 poin atau selisih 10 angka dari Persebaya di tempat kedua.

Anan pun menjadi salah satu dari lima pemain Bali United musim lalu yang bisa menjuarai dua gelar Liga 1, yakni Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah, Paulo Sergio serta Ilija Spasojevic.

Melansir dari laman klub Bali United, Anan mengaku bangga bisa meraih gelar juara secara back to back dengan dua tim berbeda, bahkan ia tidak menampik jika ia beruntung bisa menjadi bagian Persija dan Bali United saat juara.

"Pastinya sangat bangga bisa juara dua tahun berturut-turut dengan dua tim yang berbeda. Saya merasa beruntung bisa menjadi bagian dari tim yang solid seperti Persija dan Bali United," ujar Anan.

Kini dengan kompetisi yang masih sangat awal, Anan Lestaluhu berpotensi meraih gelar Liga 1 ketiga usai Bali United sebagai juara bertahan berada di peringkat kedua dengan selisih dua angka dari Persib Bandung.