Bola Internasional

Jos Luhukay, Pelatih Keturunan Indonesia yang Juara di Bundesliga

Minggu, 3 Mei 2020 11:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jos Luhukay adalah sosok pelatih keturunan Indonesia yang bisa meraih sukses juara Bundesliga  Jerman dan melatih di Liga Inggris.

Di sepak bola Eropa, sudah banyak cerita sukses pesepak bola yang memiliki garis keturunan Indonesia. Mulai dari kisah sukses mantan kapten Timnas Belanda Giovanni van Bronckhorst hingga kini keberadaan penjaga gawang Sampdoria Emilio Audero Mulyadi yang mulai naik daun di Liga Italia.

Namun ternyata tak sebatas hanya di sektor pemain. Cerita sukses juga bisa ditorehkan seorang pria keturunan Indonesia yang menjadi pelatih di beberapa klub Eropa hingga kini.

Pria tersebut adalah Jos Luhukay, Pria 56 tahun kelahiran Belanda yang justru meraih sukses sebagai pelatih di sepak bola Jerman.

Jos Luhukay

Lahir di Venlo, Belanda 13 Juni 1963, Jos Luhukay memiliki garis keturunan Indonesia, tepatnya wilayah Maluku dari sang Ayah. Sementara sang Ibu asli keturunan Belanda.

Dibesarkan dari orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik baja di Belanda, Jos Luhukay juga mengawali kariernya lebih dulu sebagai pemain. Sebelum kini menjadi pelatih atau manajer.

Karier sebagai pemain Jos Luhukay sendiri dimulai dari klub daerah kelahiranya VVV Venlo pada tahun 1988. Ia juga sempat memperkuat dua klub Belanda lainnya, SVV Schiedam dan RKC Waalwijk.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu kemudian hijrah ke Jerman, memperkuat  SV Straelen (1993-1995 dan 1996-1998), KFC Uerdingen (1995/1996), lalu terakhir di SV Straelen (1996-1998) sebelum akhirnya pensiun dalam karier yang tak cukup bisa dibanggakan.

Tak cukup berprestasi sebagai pemain, Jos Luhukay langsung menjalani karier kepelatihan tepat di tahun dirinya pensiun. Saat itu dirinya memulai dengan menjadi pelatih klub terakhirnya sebagai pemain, yakni SV Straelen sebelum kemudian hijrah ke KFC Uerdingen.

Karier kepelatihan Jos Luhukay mulai menanjak saat klub Bundesliga 2, FC Koln mempercayakannya sebagai asisten pelatih di musim 2002/03 dan sempat juga menjadi caretaker.

Sepenjang karier sebagai pelatih, Jos Luhukay memang lebih banyak mengahabiskanya di kompetisi kasta kedua Bundesliga Jerman.

Namun itu tak menghalanginya untuk berprestasi. Tercatat dirinya bisa tiga kali membawa tim Bundesliga 2 promosi ke kasta pertama. Dua di antaranya dilengkapi dengan status sebagai juara. Bersama Borussia Monchengladbach musim 2007/08 dan bersama Herta Berlin musim 2012/13.

Selain itu Jos Luhukay juga tercatat merupakan pelatih yang bisa mengantarkan FC Augsburg promosi ke kasta pertama Bundesliga Jerman untuk pertama kalinya sepanjang sejarah di musim 201/11.

Sempat juga memimpin Stuttgart dan klub Liga Inggris Sheffield Wednesday, hingga kini menukangi klub kasta kedua Jerman St. Pauli (sejak April 2019).

Sebagai pelatih Jos Luhukay terkenal sebagai sosok yang tegas cenderung otoriter kepada pemainnya. Bahkan dengan tubuh pendeknya, sikap keras dan otoriter pria keturunan Indonesia itu mempunyai julukan sebagai Napoleon di sepak bola Jerman.