Liga Indonesia

On This Day: Kalahkan Klub Hong Kong, Persipura Bukukan Sejarah

Minggu, 3 Mei 2020 11:02 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis:Yanto/Indosport
3 Mei, 9 tahun yang lalu, Persipura Jayapura sukses membukukan sejarah baru bagi persepak bolaan Papua di pentas Asia. Untuk pertama kalinya, Persipura memastikan lolos ke babak 16 besar AFC Cup. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport
3 Mei, 9 tahun yang lalu, Persipura Jayapura sukses membukukan sejarah baru bagi persepak bolaan Papua di pentas Asia. Untuk pertama kalinya, Persipura memastikan lolos ke babak 16 besar AFC Cup.

INDOSPORT.COM - 3 Mei, 9 tahun yang lalu, Persipura Jayapura sukses membukukan sejarah baru bagi persepak bolaan Papua di pentas Asia. Untuk pertama kalinya, Persipura memastikan lolos ke babak 16 besar AFC Cup.
 
Kepastian lolosnya Persipura ke babak 16 besar AFC Cup, usai mengalahkan wakil Hong Kong, South China dalam laga lanjutan Grup H dengan skor 4-2 di Stadion Mandala, Jayapura.

Duel level internasional ini disaksikan oleh 20 ribu penonton yang memadati Stadion kebanggaan masyarakat Kota Jayapura itu.

Persipura berhasil menumbangkan klub yang diperkuat oleh dua pemain kelas dunia, Mateja Kezman dan Nicky Butt itu lewat gol-gol yang dicetak oleh Zah Rahan, Gerald Pangkali dan Boaz Solossa.

"Kita sangat bersyukur bisa menang di laga ini dan meloloskan tim kita ke babak 16 besar," ujar pelatih Persipura, Jacksen Tiago kala itu.

Persipura memastikan melangkah ke babak 16 besar usai menempati posisi runner up Grup H dengan mengoleksi 11 poin di bawah klub Thailand, Chonburi.

Di ajang AFC Cup 2011 ini, Boaz Solossa dan kolega berhasil melaju hingga ke babak perempatfinal, sebelum akhirnya terhenti oleh wakil Irak, Arbil SC.