Bola Internasional

Ada Ronaldo, Ini 3 Pesaing Egy Maulana Vikri bila Gabung Benfica

Senin, 4 Mei 2020 10:00 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Diprediksi ada 3 pemain pesaing wonderkid Egy Maulana Vikri jika masih masuk dalam radar rekrutan klub Liga 1 Portugal, Benfica. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Diprediksi ada 3 pemain pesaing wonderkid Egy Maulana Vikri jika masih masuk dalam radar rekrutan klub Liga 1 Portugal, Benfica.

INDOSPORT.COM - Diprediksi ada 3 pemain pesaing wonderkid Egy Maulana Vikri jika masih masuk dalam radar rekrutan klub Liga 1 Portugal, Benfica.

Egy Maulana pernah menghebohkan dunia sepak bola Indonesia, 2018 lalu. Pasalnya Egy Maulana bisa memulai kiprah di kawasan benua biru (Eropa).

Lantaran Egy Maulana resmi diperkenalkan klub Liga 1 Polandia Lechia Gdansk. Pemain asal Sumatera Utara itu diganjar kontrak tiga tahun.

Pemain yang kini bakal menginjak usia 20 tahun itu juga diberikan keistimewaan karena mendapat nomor punggung 10 oleh Lechia Gdansk.
 
Sebab pemakai sebelumnya, Sebastian Mila pensiun akhir musim 2017-18. Mila juga menjabat sebagai kapten atas pengabdian selama tiga musim.

Pemain andalan Indra Sjafri itu turut mengunggah sebuah foto di akun media sosial Instagram pasca digaet Lechia Gdansk.

Egy Maulana menuturkan untuk jangan pernah takut bermimpi besar dengan diikuti tekad, kerja keras, dan doa pasti akan terwujud.

"Saya harap kalian semua (Indonesia) bisa mendukung dan mendoakan selalu. Terima kasih buat Lechia Gdansk telah mengontrak dan percaya dengan saya," tulis Egy, Maret 2018.

Menariknya, pasca direkrut Lechia Gdansk, Egy Maulana ternyata menarik minat dari klub Liga 1 Portugal Benfica untuk bisa mendapatkan servis sang pemain.

Kabar tersebut sempat tersiar lewat media massa Portugal, Record. Situs tersebut mejelaskan kalau Benfica tetap memantau perkembangan Egy.

© lechia.pl
Pemain Lechia Gdansk Egy Maulana Vikri saat menjalani latihan. Copyright: lechia.plPemain Lechia Gdansk Egy Maulana Vikri saat menjalani latihan.

"Pemain 17 tahun itu bakal gabung dengan tim junior Benfica (pinjaman). Tetapi Benfica punya opsi untuk membelinya jika tampil bagus," tulis Record.

Pada akhirnya, kabar tersebut tak dihiraukan oleh Egy Maulana dan memilih fokus bersama Lechia Gdansk. Kini kontraknya sisa setahun.

Sampai saat ini, manajemen Lechia Gdansk belum ada ancang-ancang untuk memperpanjang kontrak Egy Maulana. Situs Transfermarkt mencatat ada opsi tambahan dua tahun.

Jika nanti pada akhirnya, Egy Maulana tak diperpanjang oleh Lechia Gdansk, Benfica berpeluang mengambil kesempatan ini untuk merekrutnya.

Andai Benfica bisa meyakinkan Egy Maulana untuk pindah, maka bintang Timnas Indonesia U-23 itu bakal memiliki saingan di dalam tim. Hal ini bisa menjadi tantangan positif untuk mengembangkan talenta yang dimiliki Egy Maulana Vikri.

1. David Tavares

© Octavio Passos/Getty Images
Pemain klub Liga 1 Portugal Benfica B David Tavares. Copyright: Octavio Passos/Getty ImagesPemain klub Liga 1 Portugal Benfica B David Tavares.

David Tavares diprediksi bisa menjadi pesaing Egy Maulana jika nantinya berlabuh ke Benfica, termasuk jika manajemen menempatakan Egy Maulana ke tim B.

Sebab secara posisi, Tavares dan Egy memiliki kemiripan karena berperan sebagai gelandang serang. Apalagi Tavares produk didikan tim junior Benfica.

Musim 2019-20, Tavares baru bermain sebanyak 11 kali saja tanpa mencetak gol dari seluruh kompetisi. Kontrak pemain 21 tahun itu juga baru berakhir 30 Juni 2024.

2. Umaro Embalo

© Gualter Fatia/Getty Images
Pemain klub Liga 1 Portugal Benfica B Umaro Embalo. Copyright: Gualter Fatia/Getty ImagesPemain klub Liga 1 Portugal Benfica B Umaro Embalo.

Berikutnya ada Umaro Embalo yang kemungkinan dapat menjadi pesaing Egy Maulana andai benar-benar digaet Benfica. Itupun jika masih masuk radar perekrutan.

Lantaran Embalo berposisi sebagai winger kanan dan peran tersebut juga bisa dijalankan Egy Maulana terkadang, andai posisi gelandang serang tak terelakan.

Sejauh ini pemain 18 tahun itu sudah membuat sembilan penampilan dengan dua gol dan assists di musim ini. Terlebih kontraknya juga baru habis pada 30 Juni 2024.

3. Ronaldo Camara

© Gualter Fatia/Getty Images
Pemain klub Liga 1 Portugal Benfica U-23 Ronaldo Camara. Copyright: Gualter Fatia/Getty ImagesPemain klub Liga 1 Portugal Benfica U-23 Ronaldo Camara.

Terakhir jika Egy Maulana menerima pinangan Benfica dan manajemen menempatkannya di tim U-23, maka  pemain asal Indonesia itu akan bersaing dengan Ronaldo Camara.

Camara diketahui memiliki posisi yang serupa dengan Egy Maulana, yakni gelandang serang. Bahkan Camaran bisa disebut sebagai pemain inti di Benfica U-23.

Pasalnya pada musim 2019-20, Camara telah membuat 30 penampilan dengan menyumbang lima gol di semua kompetisi. Artinya pemain 17 tahun itu dapat jadi pesaing jika Egy Maulana tiba.

Sekadar informasi lagi kalau Benfica sempat melayangkan surat ke pihak Egy Maulana untuk manjalani seleksi (trial) di Portugal pada 2017 dan 2018 lalu.