Liga Indonesia

Nilai Transfer 2 Pemain U-19 Liga 1 Ini Lebih Mahal dari Egy Maulana

Jumat, 1 Mei 2020 13:21 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Egy MAulana Vikri mendapatkan nomer punggung 10 di klub barunya Lechia Gdańsk/ Copyright: © Twitter@Lechia Gdańsk
Egy MAulana Vikri mendapatkan nomer punggung 10 di klub barunya Lechia Gdańsk/

INDOSPORT.COM - Berikut ini diprediksi nilai transfer 2 pemain U-19 kompetisi Liga 1 malah jauh lebih mahal dari penggawa Lechia Gdansk Egy Maulana Vikri.

Kompetisi sepak bola tertinggi Indonesia, Liga 1, telah bernama dan dimulai lagi sejak 2017 lalu. Sudah banyak peristiwa yang terjadi di lapangan.

Tak jarang rekor-rekor luar biasa juga turut tercipta hingga bakal dikenang oleh penggemar sepak bola nasional dan terus diingat.

Selain itu, setiap musim, para klub Liga 1 kerap mengorbitkan pemain-pemain muda bertalenta apik ke panggung yang sebenarnya.

Para wonderkid ini diturunkan kala sisa pertandingan babak kedua. Hal itu bisa dijadikan sebuah pelajaran bagi para talenta muda ini.

Sebab mereka juga butuh proses adaptasi untuk bisa nyetel dengan para pemain senior. Terlebih kompetisi Liga 1 dinilai cukup keras bagi para pemain.

Kehadiran mereka ini bisa menjadi sebuah sinyal bagi klub yang mengontraknya, termasuk tim-tim lain agar bisa merekrut sang wonderkid tersebut.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Barito Putera, M. Rafi Syarahil (kiri) saat konferensi pers di Graha Persib. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Barito Putera, M. Rafi Syarahil (kiri) dan kepala pelatih Djadjang Nurdjaman.

Beberapa diantaranya, pemain U-19 tengah berkarier di luar negeri seperti salah satunya Egy Maulana Vikri bersama Lechia Gdansk.

Meski begitu para pemain U-19 ini ada yang sudah menjadi tulang punggung sebuah klub Liga 1. Pasalnya performa mereka dinilai cukup baik.

Sehingga penampilan mereka ternyata membuat situs statistik pemain seperti Transfermarkt turut mencatat serta memprediksi nilai transfer (market value).

Beberapa diantara pemain U-19 ini sudah dinilai dengan nominal yang cukup tinggi. Namun ada juga yang masih diberi harga pasar sesuai kapasitas sang pemain.

Seperti diketahui ada dua pemain U-19 Liga 1 yang ternyata memiliki nilai transfer cukup tinggi di kelasnya, yakni Rafi Syarahil dan Gunansar Mandowen.

Gelandang bertahan U-19 Barito Putera Rafi Syarahil memiliki nilai transfer hingga Rp1,9 miliar (125 ribu Euro) per 8 April 2020.

© Media Officer Persipura
Gelandang Muda Persipura, Gunansar Mandowen Copyright: Media Officer PersipuraGelandang U-19 Persipura Jayapura, Gunansar Mandowen.

Di sisi lain winger kanan U-19 Persipura Jayapura Gunansar Mandowen memiliki market value Rp2,7 miliar (175 ribu Euro) per 8 April 2020.

Dua pemain U-19 ini ternyata mengalahkan salah satu pemain kebanggan Indonesia Egy Maulana Vikri yang tengah berkarier di luar negeri bersama Lechia Gdansk.

Egy Maulana diketahui saat ini memiliki nilai transfer mencapai Rp1,6 miliar (100 ribu Euro) per 15 Januari 2020. Artinya terlihat perbedaan yang mencolok dari para pemain U-19 ini.