Bola Internasional

Jahongir Abdumuminov, Eks Persija yang Tunggu Debut di Uzbekistan

Senin, 4 Mei 2020 17:03 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herri Ibrahim/Indosport.com
Eks klub Liga 1 2020 Persija Jakarta Jahongir Abdumuminov saat ini masih menanti debut perdana di kompetisi tertinggi Uzbekistan. Copyright: © Herri Ibrahim/Indosport.com
Eks klub Liga 1 2020 Persija Jakarta Jahongir Abdumuminov saat ini masih menanti debut perdana di kompetisi tertinggi Uzbekistan.

INDOSPORT.COM - Eks klub Liga 1 2020 Persija Jakarta Jahongir Abdumuminov saat ini masih menanti debut perdana di kompetisi tertinggi Uzbekistan.

Seperti diketahui Jahongir Abdumuminov sempat didatangkan Persija pada awal Januari 2019, kala Macan Kemayoran masih dipimpin Gede Widiade.

"Dia pemain bagus dan juga penggawa Timnas Uzbekistan. Semoga dia menunjukan permainan terbaik di Persija," kata mantan Direktur Utama Persija Gede Widiade.

Jahongir Abdumuminov didaratkan untuk menutup peran yang ditinggalkan oleh gelandang bertahan asal Nepal Rohit Chand. Jahongir saat itu juga sudah menjalani latihan bersama pemain Persija Jakarta lainnya.

Jahongir mengaku sangat antusias dalam menjalani pertandingan perdana kala diperkenalkan manajemen Persija ke publik.

"Gembira dan senang. Saya sudah tak sabar bermain dengan Persija," papar Jahongir pada kesempatan yang sama.

Jahongir juga turut dipersiapkan untuk mengikuti pertandingan amal korban tsunami di Stadion PKOR Way Halim, Bandar Lampung kala itu.

Pemain berusia 27 tahun itu sempat dipercaya turun penuh 90 menit bersama Persija pada babak 16 besar Piala Indonesia 2018-19 melawan Tira Persikabo, yang berakhir 2-2.

Akan tetapi jelang akhir Januari 2019, Jahongir malah didepak oleh manajemen Persija. Sebagai gantinya, Macan Kemayoran kembali memulangkan Rohit Chand.

Sampai akhirnya Jahongir pulang kampung ke Uzbekistan usai ada klub di negara itu ingin memakai jasanya, yakni FK Bukhara. Jahongir diganjar kontrak semusim.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain baru Persija asal Uzbekistan, Jakhongir Abdumuminov mencoba merebut bola dari rekannya dalam latihan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain baru Persija asal Uzbekistan, Jakhongir Abdumuminov mencoba merebut bola dari rekannya dalam latihan.

Menurut penelusuran data Transfermarkt, Jahongir membuat sembilan pertandingan dan satu assist di semua ajang. Catatan buruk klub sendiri kebanyakan kalahnya ketika Jahongir main.

Terakhir kali Jahongir tampil di Liga 1 Uzbekistan terjadi pada 27 Juli 2019, ketika FK Bukhara kalah 0-2 dari FK Andijon pekan ke-14.

Usai tak lagi masuk daftar susunan pemain FK Bukhara hingga akhir musim, Jahongir pun berlabuh ke klub Liga 1 Uzbekistan lainnya, yakni FK Andijon.

Jahongir dikontrak selama semusim (31 Desember 2020). Akan tetapi hingga pekan ketiga (13/03/20) Liga 1 Uzbekistan, Jahongir tak kunjung debut bersama FK Andijon.

Ada sekitar tujuh bulan 282 hari Jahongir belum tampil lagi di lapangan hijau hingga artikel ini ditayangkan. Jahongir pun menanti debut sekarang ini.

Terlebih Uzbekistan juga saat ini terkena dampak wabah virus corona (COVID-19) yang membuat kompetisi sepak bola negara tersebut tersendat.