Liga Indonesia

Jelang Piala Dunia U-20, David Maulana Curhat Suka-Duka Jadi Kapten

Senin, 4 Mei 2020 13:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© FITRA HERDIAN/INDOSPORT
Sosok pesepakbola muda asal Medan, David Maulana, kerap kali mendapat amanah untuk mengemban ban kapten Timnas Indonesia, baik di level U-16 maupun U-19. Copyright: © FITRA HERDIAN/INDOSPORT
Sosok pesepakbola muda asal Medan, David Maulana, kerap kali mendapat amanah untuk mengemban ban kapten Timnas Indonesia, baik di level U-16 maupun U-19.

INDOSPORT.COM - Momentum Piala Dunia U-20 2021 akan menjadi ajang unjuk kualitas skuat Timnas Indonesia U-19, yang memang sudah padu sejak pertama kali dibentuk oleh pelatih Fakhri Husaini pada tahun 2016 lalu.

Sosok pesepakbola muda asal Medan, David Maulana, kerap kali mendapat amanah untuk mengemban ban kapten Timnas Indonesia, baik di level U-16 maupun U-19 saat ini.

Bahkan ketika ia menimba ilmu sepak bola di Inggris dan Italia, dalam program Garuda Select selama dua musim terakhir, David Maulana juga mendapat kehormatan untuk menjadi kapten tim.

Tentu, ada perasaan suka dan duka bagi David Maulana, ketika harus menjadi pemimpin di lapangan hijau.

"Kalau dukanya mungkin saat saya nggak bisa membangkitkan semangat anak-anak pas saat kita kalah, itu mungkin momen yang berat buat saya," ungkap David dalam sesi live interview bersama Garuda Select.

"Kalau senangnya, pas saya bisa menyatukan mereka buat satu tujuan, bermain untuk tim, dan bisa bersama-sama buat meraih tujuan itu," tambah gelandang 18 tahun tersebut.

Guna melancarkan aksinya di lapangan hijau, David Maulana kerap kali meminta doa dari kedua orang tuanya, dan kemudian turut menularkan energi positif itu kepada teman-temannya.

"Biasanya sebelum pertandingan paling saya telepon orang tua dulu dari hotel. Pasti orang tua selalu bilang, percaya diri, jangan takut, tenang, semua di sini mendoakan, jadi jangan takut membuat kesalahan," tutupnya.

Saat ini David Maulana masih berada di Inggris, meski belum ada tawaran untuk memperkuat klub Eropa. Ia akan kembali ke Indonesia jika pandemi virus corona usai, dan bersiap membela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.