Bola Internasional

Bintang Dunia yang Pernah Ditempa Jos Luhukay, Pelatih Eropa Berdarah Maluku

Senin, 4 Mei 2020 08:31 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut para bintang sepak bola dunia yang pernah rasakan tangan dingin Jos Luhukay, pelatih Eropa berdarah Maluku di Liga Jerman.

Nama Jos Luhukay memang tidak terlalu mentereng saat masih aktif menjadi pemain, namun kiprah pria kelahiran Belanda 13 Juni 1963 tersebut mulai diperhitungkan ketika menjabat sebagai pelatih.

Jebolan RKC Waalwijk ini diketahui memiliki garis keturunan Indonesia, tepatnya dari wilayah Maluku melalui sang Ayah. Sementara sang Ibu asli keturunan Belanda.

Sepanjang karier kepelatihannya, Jos Luhukay lebih banyak menghabiskan musim di kompetisi kasta kedua Bundesliga Jerman. Namun hal tersebut tidak menghalanginya untuk berprestasi.

Tercatat dirinya bisa tiga kali membawa tim Bundesliga 2 promosi ke kasta pertama. Dua di antaranya dilengkapi dengan status sebagai juara. Bersama Borussia Monchengladbach musim 2007/08 dan bersama Herta Berlin musim 2012/13. 

Selain itu, Jos Luhukay juga tercatat merupakan pelatih yang bisa mengantarkan FC Augsburg promosi ke kasta pertama Bundesliga Jerman untuk pertama kalinya sepanjang sejarah di musim 201/11.

Sempat juga memimpin Stuttgart dan klub Liga Inggris Sheffield Wednesday, hingga kini menukangi klub kasta kedua Jerman, St. Pauli sejak bulan April 2019 lalu.

Selama menukangi tim-tim tersebut, tidak jarang Jos Luhukay berada satu dengan pemain bintang bahkan dia sendiri yang mengembangkan bakat pemain dunia tersebut.

Lantas siapa sajakah para pemain dunia yang pernah merasakan tangan dingin Jos Luhukay itu? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas.

Sandro Wagner
Nama pertama adalah Sandro Wagner, mantan penyerang Timnas Jerman tahun 2017 hingga 2018. Striker yang berhasil mempersembahkan gelar FIFA Confederations Cup tahun 2017 itu, pernah bekerjasama dengan Jos Luhukay saat di Herta Berlin.

Namun sayang, selama tiga musim berada di bawah arahan Jos Luhukay, mantan pemain Werder Bremen ini gagal bersinar dan cuma bisa mencetak 8 dari 69 penampilan.

Sandro Wagner akhirnya menemukan top performa saat berseragam Hoffenheim, penampilanya saat itu mampu menarik perhatian tim sebesar Bayern Munchen, bahkan pelatih Der Panzer kepincut memanggilnya sebagai juru gedor. 

Nico Schulz
Berikutnya ada Nico Schulz, pemain yang kini menjadi bagian skuat TImnas Jerman senior dalam beberapa laga. Sebelum hengkang ke Borussia Dortmund, Schulz lebih dulu mentereng bersama Herta Berlin.

Sepanjang musim 2012 hingga 2014, gelandang berusia 27 tahun merasakan tangan dingin Jos Luhukay yang menjabat sebagai pelatih Herta Berlin.

Bahkan kerja sama keduanya mampu menghasilkan gelar juara 2. Bundesliga, atau kasta kedua Liga Jerman pada musim 2010/11 silam. 

Salomon Kalou
Bintang dunia terakhir yang pernah menjadi anak didik Jos Luhukay adalah Salomon Kalou, penyerang asal Pantai Gading tersebut merupakan bagian dalam skuad Herta Berlin musim 2014 lalu.

Sebelum gabung Herta Berlin, Salomon Kalou merupakan pemain penting dari klub Liga Inggris, Chelsea selama enam musim pada 2006 hingga 2012.

Selama membela The Blues, Kalou sukses meraih sejumlah gelar seperti juara Liga Primer Inggris, FA Cup, Community Shield hingga UEFA Champions League. Salomon Kalou juga membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika tahun 2015 lalu.