Liga Indonesia

Selain GBK, 5 Stadion Sepak Bola Indonesia Jadi Venue Konser Didi Kempot

Selasa, 5 Mei 2020 14:23 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sedikitnya ada 5 stadion sepak bola di Indonesia yang pernah jadi venue konser musisi campursari asal Jawa Tengah, Didi Kempot. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sedikitnya ada 5 stadion sepak bola di Indonesia yang pernah jadi venue konser musisi campursari asal Jawa Tengah, Didi Kempot.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 5 stadion sepak bola di Indonesia yang pernah jadi venue konser musisi campursari asal Jawa Tengah, Didi Kempot.

Penyanyi dengan nama julukan The Godfather of The Broken Heart itu dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Selasa (05/05/20) pagi.

Adik kandung almarhum pelawak Mamik Prakoso itu dikabarkan kena serangan jantung. Perihal pemakaman, pihak keluarga belum mempublikasikan.

Meninggalnya Didi Kempot sangat mengejutkan publik, terutama Sobat Ambyar, baik itu Sadboys atau Sadgirls (penggemar karya Didi Kempot) di Indonesia.

Seluruh kalangan mulai dari politisi, artis, sesama musisi, hingga pesohor olahraga turut berbelasungkawa atas kepergian Didi Kempot selamanya.

Seperti pemain Garuda Select, Bagus Kahfi yang turut berkicau perihal wafatnya Didi Kempot. Lalu klub Liga 1 2020 Arema FC juga ikut kehilangan.

Bahkan Didi Kempot sejatinya bakal menggelar konser akbar 30 tahun berkarya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 14 November 2020.

Didi Kempot sempat mengaku sangat terkesan bisa buat konser di Stadion GBK. Kini konser tersebut tinggalah kenangan pasca Didi Kempot meninggal dunia.

Kendati demikian ada fakta menarik yang bisa ditelisik bersama akan perjalanan karier Didi Kempot selama bermusik di Indonesia sejauh ini.

Sebab ada pula kaitannya dengan olahraga, dimana Didi Kempot sempat konser atau manggung di sebuah stadion sepak bola di berbagai daerah.

1. Stadion Kridosono

© Instagram/@didikempot_official
Penyanyi campursari Indonesia Didi Kempot alias The Godfather of The Broken Heart. Copyright: Instagram/@didikempot_officialPenyanyi campursari Indonesia Didi Kempot alias The Godfather of The Broken Heart.

Almarhum penyanyi Didi Kempot diketahui sempat menggelar konser di Stadion Kridosono, Blora, Jawa Tengah, Minggu (23/02/20), pukul 19.00 WIB.

Konser tersebut menghadirkan banyak penonton yang ingin menikmati lantunan lagu Didi Kempot. Stadion tersebut mampu menampung 10 ribu orang.

Stadion Kridosono merupakan markas dari klub Persikaba Blora. Namun menjelang akhir 2019 lalu, stadion tersebut telah dibongkar oleh pemerintah.

2. Stadion Semeru

© Instagram/@didikempot_official
Musisi campursari Indonesia Didi Kempot alias The Godfather of Broken Heart. Copyright: Instagram/@didikempot_officialMusisi campursari Indonesia Didi Kempot alias The Godfather of The Broken Heart.

Pada akhir Desember 2019 lalu, Didi Kempot juga diketahui sempat manggung di Stadion Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Konser tersebut berlangsung malam hari.

Banyak masyarakat yang tak mau melewati momen melihat dan bernyanyi dengan Didi Kempot. Apalagi acara tersebut berlangsung secara gratis.

Stadion Semeru sempat menjadi kandang klub Semeru FC (kini jadi PS Hizbul Wathan), PSLM Mojosari, dan Persebo Bondowoso. Venue tersebut mampu menampung 3 ribu orang.

3. Stadion Cangkring

© Antara
Penyanyi kondang Didi Kempot. Copyright: AntaraPenyanyi kondang Didi Kempot.

Mundur lagi, ternyata Didi Kempot pernah menghelat konser cukup meriah di Stadion Cangkring, Kulon Progo, Yogyakarta, Oktober 2019.

Konser kali ini dipungut biaya. Namun pada Sobat Ambyar baik itu Sadboys dan Sadgirls tetap mendukung acara tersebut dengan membeli tiket.

Stadion Cangkring selain untuk menghelat sepak bola kerap dimanfaatkan untuk menjadi tempat pengungsian jika Kulon Progo mengalami banjir.

4. Stadion Goentoer Darjono

© brilio.net
Penyanyi kondang Didi Kempot. Copyright: brilio.netPenyanyi kondang Didi Kempot.

Kemudian penyanyi campursari Didi Kempot juga sempat tampil di Stadion Darjono, Purbalingga, Jawa Tengah, pertengahan Desember 2019 malam.

Diperkirakan puluhan ribu orang memadati tempat tersebut berdasarkan sejumlah pemberitaan. Para penonton larut dalam aksi-aksi Didi Kempot kala itu.

Stadion Goentoer Darjono menjadi markas klub Liga 3 Persibangga Purbalingga. Venue ini dibuka pada 25 November 2009 dan bisa menampung 15 ribu penonton.

5. Stadion Kanjuruhan

© Instagram/@didikempot_official
Penyanyi campursari Indonesia Didi Kempot alias The Godfather of The Broken Heart. Copyright: Instagram/@didikempot_officialPenyanyi campursari Indonesia Didi Kempot alias The Godfather of The Broken Heart.

Terakhir, Didi Kempot juga pernah melantunkan maha karyanya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Selasa (21/01/20) malam waktu setempat.

Pada November 2019, Didi Kempot juga sempat manggung di venue sepak bola itu dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Malang yang genap berusia 1259 tahun.

Seperti diketahui kalau Stadion Kanjuruhan merupakan markas dari klub Liga 1 2020 Arema FC. Stadion ini bisa memuat sebanyak 40 ribu penonton.