Liga Indonesia

Ryuji Utomo Takjub dengan Industri Sepak Bola Thailand

Rabu, 6 Mei 2020 06:32 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© Media Persija
Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, baru saja berbagi pengalaman saat ia pernah berkarir di klub Thailand, PTT Rayong pada 2017 lalu. Copyright: © Media Persija
Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, baru saja berbagi pengalaman saat ia pernah berkarir di klub Thailand, PTT Rayong pada 2017 lalu.

INDOSPORT.COM - Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, baru saja berbagi pengalaman saat ia pernah berkarir di klub Thailand, PTT Rayong pada 2017 lalu.

Dilansir dari chanel Youtube komentator Valentino Simanjuntak alias Bung Jebret, bek berusia 25 tahun tersebut sangat takjub ketika mendarat di Thailand.

Saat itu, Ryuji Utomo tidak menyangka kalau klub PTT Rayong memiliki infrasturktur yang sangat bagus. Pasalnya, saat itu PTT Rayong merupakan kontestan kompetisi kasta kedua Liga Thailand.

"Saat itu saya kaget. Ekspektasi saya kan tim Liga 2 ya, pas saya ke sana kaget juga saya karena insfrastrukturnya bagus banget, tim dan manajemen serius, sponsor bagus," kata Ryuji Utomo.

Ryuji Utomo juga menjelaskan kalau di Negeri Gajah Perang seluruh klub baik kasta tertinggi maupun kedua Liga Thailand memiliki kualitas manajemen yang hampir sama.

Namun ada hal yang paling tidak bisa dilupakan oleh Ryuji Utomo yakni gaji di Thailand ternyata sangatlah besar.

"Jadi, menurut saya, industri sepak bola Liga 1 dan Liga 2 di sana tidak jauh beda. Kualitas pemain-pemainnya juga bersaing. Duitnya juga bagus," ujarnya.

Setelah sukses membawa PTT Rayong promosi ke kasta tertinggi Liga Thailand 2018, kontrak Ryuji Utomo tidak diperpanjang oleh manajemen.

Akhirnya Ryuji Utomo memutuskan untuk kembali ke Persija Jakarta dan bermain di kompetisi Liga 1 2018 hingga musim ini.