Liga Indonesia

Murah dan Menganggur, Para One Season Wonder Ini Bisa ke Liga 1

Kamis, 7 Mei 2020 20:12 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Miliki market value murah dan sedang menganggur, para one season wonder berikut ini diprediksi bisa diboyong tim Indonesia dan tampil di Liga 1.

One season wonder sendiri merupakan istilah untuk pemain yang hanya mampu bermain cemerlang pada satu musim, sedangkan musim berikutnya sang pemain alami penurunan performa hingga akhirnya hengkang dari klub.

Bagi seorang pemain, untuk bisa terus tampil dalam level performa terbaik setiap musim memang sangatlah sulit karena dibutuhkan konsistensi serta kerja keras bahkan keberuntungan dalam lapangan.

Tidak banyak pemain yang bisa terus berada dalam konsistensi termasuk mega bintang seperti Ronaldo hingga Lionel Messi, namun kedua pemain tersebut mampu mengembalikan peforma mereka pada pekan-pekan selanjutnya.

Berbeda dengan para pemain berikut, meski musim sebelumnya tampil impresif namun di musim-musim selanjutnya kemampuan mereka malah hilang bahkan berakhir dengan status bebas transfer.

Menariknya, para pemain yang mendapat julukan one season wonder tersebut kini sedang menganggur dan memiliki market value cukup murah, bahkan klub Liga 1 pun diprediksi mampu mendatangkannya.

Lantas siapa sajakah para pemain tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Roque Santa Cruz
Nama pertama adalah Roque Santa Cruz, pemain Paraguay tersebut sempat menjadi buah bibir usai tampil gemilang pada musim pertamanya di Liga Inggris bersama Blackburn Rovers musim 2007-2008.

Pada musim tersebut, Roque Santa Cruz bisa mencetak 19 gol dalam satu musim, bahkan membuat namanya masuk dalam empat besar top skor di akhir musim. Dirinya bersaing dengan sejumlah penyerang mematikan saat itu seperti Cristiano Ronaldo, Fernando Torres dan Emmanuel Adebayor.

Namun sayang, performanya menurun drastis pada musim berikutnya. Santa Cruz bahkan tidak bisa mencetak 10 gol dalam semusim di kompetisi lokal, catatan yang sangat negatif bagi seorang striker.

Karirnya mengalami perkembangan setelah memutuskan kembali ke kampung halamannya, Paraguay, dan memperkuat klub lokal, Olimpia Asuncion. Pada tahun 2018 dan 2019, akhirnya Santa Cruz bisa mencetak di atas 10 gol dengan rincian 13 gol musim 2018 dan 23 gol musim 2019.

Meski telah kembali tajam, namun dengan usia yang telah lanjut kini market value Roque Santa Cruz telah terjun bebas dan hanya berkisar sebesar 250 ribu euro atau setara dengan Rp4 miliar. Harga yang cukup terjangkau bagi klub Liga 1 jika ingin memboyongnya.

Asamoah Gyan
Berikutnya ada Asamoah Gyan, penyerang Ghana tersebut merupakan salah satu bintang yang cukup bersinar pada gelaran Piala Dunia 2010, dirinya mampu mencetak tiga gol dari lima pertandingan dan berperan besar menghantarkan Ghana ke babak perempatfinal.

Pada musim pertama di Liga Inggris dengan memperkuat Sunderland, dirinya berhasil 10 gol dari 31 pertandingan, tetapi perlahan kariernya meredup hingga akhirnya dilepas ke Al Ain (klub Liga Uni Emirat Arab).

Meski sempat bersinar di Asia, kini Asamoah Gyan berstatus bebas transfer setelah dilepas klub asal India, NorthEast United sejak 9 Januari 2020 silam.

Klub Liga 1 pun punya potensi besar untuk bisa merekrut Top skor Liga UEA dan Liga Champions Asia musim 2013/14 tersebut.