Bola Internasional

3 Kesamaan Nasib Djajang Nurdjaman dengan Zinedine Zidane

Jumat, 8 Mei 2020 16:29 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Siapa sangka, jika pelatih sekaliber Zinedine Zidane dan Djajang Nurdjaman memiliki kesamaan nasib dalam karier sepak bolanya, apa sajakah itu?

Zinedine Zidane, adalah sosok pelatih yang sangat berjasa bagi Real Madrid berkat torehan tiga trofi Liga Champions secara beruntun. Meski masih dianggap oleh sebagian pengamat kalau Zidane hanya mengandalkan Cristiano Ronaldo saja, tetap saja ia adalah pelatih jempolan.

Sama halnya dengan Djajang Nurdjaman yang juga merupakan salah satu pelatih lokal jempolan di Indonesia saat ini. Gelar Liga Indonesia yang ia persembahkan untuk Persib Bandung merupakan bukti sahih seorang pelatih bertangan dingin.

Meskipun gelar yang dimenangkan berbeda, tapi ternyata Zidane dan Djajang Nurdjaman memiliki kesamaan nasib, apakah itu?

Juara Sebagai Pemain

Jauh sebelum sukses mengantarkan Persib Bandung jadi juara Liga Indonesia 2014, ternyata Djajang Nurdjaman sudah lebih dulu berprestasi sebagai pemain. Tercatat saat membela Persib Bandung, Djajang Nurdjaman suskes menggondol gelar di era perserikatan 1986 dan 1989/90.

Setali tiga uang dengan Djajang Nurdjaman, Zidane juga sukses mengantarkan Real Madrid jadi juara Liga Champions 2001/02 sebagai pemain. Saat itu, salah satu golnya menentukan gelar bagi Real Madrid atas Bayer Leverkusen.

Juara Sebagai Asisten Pelatih

Saat pensiun sebagai pemain sepak bola, Djajang Nurdjaman rupanya tidak bisa lepas dari dunia yang telah membesarkan namanya itu. Sehingga, ia pun belajar menjadi pelatih dengan menjadi asisten Indra Thohir di Persib Bandung.

Hasilnya mengejutkan, Djajang Nurdjaman yang saat itu mendampingi Indra Thohir, sukses membawa Persib Bandung juara di era Perserikatan 1993/94 dan Liga Indonesia 1994/95. Jalan yang sama rupanya juga diambil oleh Zidane yang setelah pensiun menjadi asisten pelatih.

Tercatat, Zidane menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti saat mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions 2013/14. Sebuah raihan yang sangat spesial, mengingat sudah sangat lama Real Madrid puasa gelar Liga Champions saat itu.

Juara Sebagai Pelatih

© ANTARAFOTO/Feny Selly
Caption Copyright: ANTARAFOTO/Feny SellyDjajang Nurdjaman saat bawa Persib Bandung juara Liga Indonesia 2014.

Setelah sukses menjadi asisten, Djajang Nurdjaman pun menjadi pelatih yang mengantarkan Persib Bandung jadi juara Liga Indonesia 2014. Saat itu, Djajang Nurdjaman sukses menyudahi perlawanan Persipura Jayapura.

Zidane pun mengikuti langkah yang sama dengan menjadi pelatih dan mengantarkan Real Madrid juara 3 kali Liga Champions. Entah kebetulan atau tidak, tetapi nasib dan karier Zidane dengan Djajang Nurdjaman tampak mirip dengan jadi juara sebagai pemain, asisten pelatih dan pelatih.