Bola Internasional

Clattenburg Ceritakan Rasanya Jadi Wasit Laga Ronaldo dan Messi

Sabtu, 9 Mei 2020 22:04 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Shaun Botterill/Getty Images
Mark Clattenburg mengisahkan saat dirinya menjadi wasit laga Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Mark Clattenburg mengisahkan saat dirinya menjadi wasit laga Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Mark Clattenburg yang berprofesi sebagai wasit menceritakan saat dirinya menjadi pengadil lapangan dalam laga Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kita tahu bahwa dua bintang sepak bola tersebut merupakan pemain yang selalu digemari oleh banyak orang, terlebih dengan aksi-aksinya saat di lapangan. Salah satu penggemarnya adalah Mark Clattenburg yang pernah memimpin laga klub yang mereka bela.

Kegemaran Clettenburg kepada dua pesepak bola ini memiliki sisi yang berbeda. Dengan Cristiano Ronaldo, ia mengakui pemain asal Portugal ini sangat hebat di pertandingan kala timnya terpuruk.

“Salah satu yang saya kagumi dari dia di atas semua kemampuannya adalah cara dia menaikkan level permainan ketika timnya sedang terpuruk,” kata Mark Clattenburg dilansir dari Marca.

Wasit asal Inggris ini juga bercerita bahwa Ronaldo adalah pemain yang bisa mengubah pertandingan secara instan baik saat dia masih bermain di Liga Inggris maupun saat membela Real Madrid.

“Saya menjadi wasit ketika dia masih jadi pemain muda di Liga Inggris, lalu saat di Real Madrid dan dia juga melakukan hal unik dan dapat mengubah permainan dalam sekejap,” tambahnya.

Selain itu, dirinya juga pernah memimpin pertandigan final di Euro 2016 lalu. Ia merasa sangat terhormat karena mendapatkan pelukan dari bintang Juventus itu.

“Saat saya mendapat medali setelah final Euro 2016, dia mencoba meraih saya dan memeluk saya, itu adalah tingkat penghormatan yang saya terima,” tambahnya.

Sementara itu, soal dirinya memimpin pertandingan Lionel Messi, ia juga mengakui kehebatan pemain asal Argentina tersebut.

Perasaan senang dan campur aduk itu dirasakan oleh wasit yang terkenal kontroversial tersebut, ketika memimpin jalannya pertandingan antara PSG kontra Barcelona.

“Ketika saya pertama kali memimpin pertandingan di mana di situ ada Messi, saya benar-benar terkejut.kala itu menyajikan pertandingan Barcelona kontra PSG,” ungkapnya.

Menurutnya, pengalaman saat memimpin pertandingan tersebut tidak akan pernah dilupakan oleh dirinya dan menganggap itu hal yang sulit dipercaya.

“Saya berpikir bahwa pengalaman itu benar-benar tak akan saya lupakan, dan sungguh hal yang sangat sulit saya percayai,” tegasnya.

Wasit asal Inggris tersebut menyaksikan langsung kualitas Lionel Messi saat membawa bola di lapangan hijau. Ia juga mengaku sangat kesulitan melihat pergerakan bola.

“Ketika Messi ada di lapangan, mengawasi laju bola akan sangat sulit, itu yang saya rasakan. Padahal, posisi saya adalah wasit dan bukan pemain,” ungkapnya.

Dengan kelincahan Messi dalam menggiring bola, membuat para pemain lawan harus menghentikan langkahnya dengan berbagai cara. Ini membuat Clattenburg khawatir kepada bintang Barcelona tersebut.

Secara terang-terangan, Clattenburg juga mengakui bahwa Lionel Messi merupakan pemain yang sangat istimewa. Ia heran dengan performa pemain Timnas Argentina itu.

“Kami tahu, sebagai wasit bagaimana kualitas Messi di lapangan, kemampuannya sangat istimewa,” pungkasnya.

Terkenal sebagai pengadil lapangan yang kontroversial di kalangan pemain sepak bola, Mark Clattenburg merupakan wasit yang memiliki lisensi FIFA sejak tahun 2006 lalu.

Salah satu hal kontroversialnya adalah pada tahun 2012 silam, ia sempat dikecam lantaran diguda melakukan penghinaan berbau rasial terhadap John Obi Mikel saat memimpin pertandingan Chelsea melawan Manchester United.

Beruntungnya, khasus Clattenburg tidak dilanjutkan penyelidikan oleh pihak kepolisian setempat akibat tidak adanya bukti yang kuat.