Bola Internasional

Demi Hindari Degradasi, Klub Bundesliga Larang Suporter ke Stadion

Sabtu, 9 Mei 2020 23:19 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Yohanes Ishak
© bundesliga.de
Kelanjutan gelaran Bundesliga Jerman ditanggapi serius oleh  Eintrach Frankfurt dengan meminta suporter menjauhi stadion demi menghindari potensi degradasi. Copyright: © bundesliga.de
Kelanjutan gelaran Bundesliga Jerman ditanggapi serius oleh Eintrach Frankfurt dengan meminta suporter menjauhi stadion demi menghindari potensi degradasi.

INDOSPORT.COM – Kelanjutan gelaran Bundesliga Jerman ditanggapi serius oleh  Eintrach Frankfurt dengan meminta suporter menjauhi stadion demi menghindari potensi degradasi.

Kabar gembira bagi pencinta sepak bola datang dari Bundesliga setelah kompetisi terakbar di Jerman itu dipastikan bakal bergulir kembali akhir pekan depan. Hal ini berlawanan dengan yang terjadi di Ligue 1 Prancis dan Eredivisie Belanda yang memutuskan menghentikan liga secara total.

Namun meski kompetisi akhirnya dilanjutkan, sejumlah peraturan baru diterapkan untuk menjaga keamanan dan keselamatan. Salah satu aturan tersebut adalah semua laga akan dilangsungkan tertutup tanpa kehadiran penonton.

Kondisi ini pun ditanggapi serius oleh salah satu klub peserta Bundesliga, yakni Eintrach Frankfurt. Direktur olahraga Frankfurt, Fredi Bobic, secara tegas melarang fans klub tersebut untuk sekadar berkumpul di luar stadion.

“Kami berbicara dengan banyak fans kami di Frankfurt dan berkata, ‘Dengar, jangan datang ke stadion sama sekali. Jika kalian muncul di stadion, kita akan kalah karena peraturannya sangat ketat.’ Jika para suporter muncul, pertandingan dinyatakan dimenangi oleh tim tamu,” kata Bobic kepada ESPN.

Hukuman tegas berupa kekalahan itu sangat dihindari  oleh Frankfurt. Pasalnya, meski kini berada di peringkat 12, Frankfurt hanya berjarak 6 poin dari Fortuna Dusseldorf yang berada di peringkat 16, yang merupakan zona playoff promosi-degradasi.

Dengan demikian, wajar jika kemudian Bobic mendesak suporter Frankfurt untuk jauh-jauh dari stadion mengingat mereka membutuhkan poin sebanyak mungkin untuk menghindari degradasi.

“Itu tidak diperbolehkan. Kami memang telah membuka kembali berbagai hal, tapi mengadakan kerumuman besar tidak diperbolehkan. Jangan datang ke stadion,” tegas mantan penyerang Borussia Dortmund itu.

Frankfurt sendiri akan mengawali lanjutan pekan ke-26 Bundesliga musim ini pada tanggal 16 Mei nanti dengan partai yang cukup berat. Mereka akan bermain sebagai tuan rumah menghadapi Borussia Monchengladbach yang kini menempati peringkat 4 klasemen sementara.

Sejumlah laga seru akan mewarnai gelaran Bundesliga akhir pekan depan, salah satunya partai bertajuk revierderby yang mempertemukan Borussia Dortmund vs Schalke 04.