Liga Indonesia

Kiat Jitu Latihan Mandiri di Bulan Puasa versi Kapten Badak Lampung FC

Minggu, 10 Mei 2020 11:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan bek Persib Bandung, Saepulloh Maulana, kini menjabat kapten Badak Lampung FC di Liga 2 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan bek Persib Bandung, Saepulloh Maulana, kini menjabat kapten Badak Lampung FC di Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - Kapten Badak Lampung FC, Saepulloh Maulana, tetap menjalankan program latihan mandiri untuk menjaga kebugaran selama aktivitas tim diliburkan. 

Namun, pandemi virus corona membuatnya tak bisa banyak bergerak atau beraktivitas di luar rumah. Sehingga, eks pemain Persib Bandung ini sebatas berlatih di kediamannya. 

"Paling karena covid-19 jadi latihan di rumah saja secara mandiri. Mau memaksakan latihan di lapangan juga takut mengingat kondisinya seperti ini," kata Saepulloh Maulana kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (9/5/20). 

Pemain berusia 31 tahun ini menambahkan, setelah ada keputusan soal penghentian sementara kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020, pelatih Badak Lampung FC, Rafael Berges Marin, memberikan program terpadu kepada pemain untuk dijalankan di rumah masing-masing. 

Hanya saja, saat ini pelatih memberikan keleluasaan kepada pemain untuk menentukan menu latihan mandiri serta kebebasan memilih waktu untuk berlatih. Apalagi, mayoritas pemain Badak Lampung FC menjalankan ibadah puasa Ramadan

"Waktu awal-awal dikasih program, selanjutnya diserahkan kepada pemain untuk menyesuaikan program dan waktunya juga," jelas Saepulloh. 

Saepulloh memilih waktu berlatih pada sore hari, menjelang waktu berbuka. Hal itu dilakukan olehnya, agar tidak dehidrasi, karena setelah berlatih tidak menunggu waktu lama untuk makan dan minum. 

"Biasanya jam 4 sore, kalau gak jam 4.30 menjelang berbuka puasa, jadi nggak dehidrasi," ucap pemain yang sempat memperkuat Semen Padang ini.

Sementara itu, sebelum kompetisi dihentikan, Badak Lampung FC sudah melakoni satu pertandingan menghadapi PSKC Cimahi di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Minggu (15/3/20). 

Pada laga perdana Liga 2 2020 tersebut, Badak Lampung FC berhasil meraih poin penuh usai menaklukkan pasukan Robby Darwis dengan skor meyakinkan 2-0.