Bola Internasional

Steven Lustica, Batal ke Persib Berdampak Positif di Australia

Jumat, 8 Mei 2020 17:04 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Paul Kane/Getty Images/INDOSPORT
Bek Steven Lustica saat ini tengah membawa dampak positif klub barunya di Australia meski sempat diwartakan batal ke Persib Bandung. Copyright: © Paul Kane/Getty Images/INDOSPORT
Bek Steven Lustica saat ini tengah membawa dampak positif klub barunya di Australia meski sempat diwartakan batal ke Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Bek Steven Lustica saat ini tengah membawa dampak positif klub barunya di Australia meski sempat diwartakan batal ke Persib Bandung.

Saat masa bursa transfer paruh kedua Liga 1 2019 lalu, lagi-lagi Persib Bandung tengah hangat diperbincangkan bakal mendatangkan pemain asing baru.

Sebab kala itu, kepala pelatih Persib Robert Rene Alberts kurang menyukai gaya bermain dari Rene Mihelic, Artur Gevorkyan, dan Bojan Malisic.

Tiga pemain tersebut santer bakal dilepas sejak kedatangan Robert. Sehingga manajemen Maung Bandung harus sigap dalam mencari pemain sesuai kriteria Robert.

Tiba-tiba muncul salah satu nama, yakni Steven Lustica. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu lahir di Australia dan berusia 29 tahun.

Rumor tersebut muncul lewat unggahan-unggahan di beberapa akun media sosial Instagram. Para akun ini kerap membahas isu trasnfer sepak bola nasional.

Terlebih tiga pemain yang dilepas itu juga memungkinkan Persib mendaratkan satu legiun dari kawasan Asia untuk mengisi slot yang tersisa.

Bahkan ada sebuah bukti menarik dari pergerakan rumor transfer Lustica dengan Persib. Lantaran akun Instagram Lustica telah mengikuti Persib.

Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi publik sepak bola nasional. Sebab kemungkinan Lustica bakal berlabuh ke Persib dan tinggal diumumkan saja.

Para Bobotoh atau Viking juga turut membanjiri kolom komentar akun Lustica. Mereka berharap bahwa sang pemain segera gabung ke Persib.

© Sporting News
Pemain asing asal Australia Steven Lustica yang dirumorkan ke Persib Bandung. Copyright: Sporting NewsPemain asing asal Australia Steven Lustica yang dirumorkan ke Persib Bandung.

Apalagi pada saat itu Steven Lustica belum memiliki klub baru pasca dilepas tim Liga 1 Kroasia NK Inter Zapresic alias nganggur.

Kendati demikian hingga masa penutupan bursa transfer Liga 1 2019, Steven Lustica tak kunjung diboyong oleh manajemen Persib Bandung.

Bahkan jawara Piala Presiden 2015 itu malah mendatangkan Nick Kuipers, Omid Nazari, dan Kevin van Kippersluis. Ezechiel N'Douassel kala itu masih dipertahankan.

Pasca tak ada kejelasan dengan Persib, Lustica pun membuka tawaran kepada klub lain di negara manapun. Hingga akhirnya Lustica dikontrak sebuah tim.

Tepatnya 17 Juli 2019, Lustica menerima pinangan dari klub Liga 1 Uzbekistan Qizilqum dan dikontrak selama setengah musim (enam bulan).

Lustica turut menyumbang satu gol dan tiga assists dari 14 penampilan bersama Qizilqum di semua ajang. Namun Qizilqum terdegradasi di akhir musim.

Pasca dilepas, Lustica pun hanya sebentar menganggur. Karena klub Liga 1 Australia (A-League) Western United langsung mengontraknya, awal Februari 2020.

Meski dikontrak selama setengah musim, tetapi Lustica turut membawa dampak positif pada Western United di Liga 1 Australia 2019-20.

Lustica menjalani debut perdana ketika bersua Wellington, 21 Februari 2020. Kendati begitu pertandingan tersebut harus berakhir 0-2 untuk Wellington.

Tetapi di pekan ke-21, Lustica turut mengantarkan Western United meraih kemenangan telak 6-2 atas Central Coast, 1 Maret 2020 lalu.

Kemudian kala Western United melawat ke markas Adelaide United, Lustica turut memawa klub yang dibelanya menang 5-1, 7 Maret 2020 silam.

Laga tadi menjadi yang terakhir, karena Australia menghentikan kompetisi sepak bola akibat terserang wabah virus corona (COVID-19).

Kendati begitu, kehadiran Lustica turut membawa dampak positif dengan meraih dua kemenangan. Saat ini Western United bertengger di posisi enam (27 poin).