Bola Internasional

Punya Darah Maluku, Winger Muda Eropa Siap Bela Timnas Indonesia

Minggu, 10 Mei 2020 16:28 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Dokumen pribadi Xiamaro Thenu
Winger muda Eropa yang punya darah keturunan Maluku, Xiamaro Thenu, mengaku siap untuk membela Timnas Indonesia. Copyright: © Dokumen pribadi Xiamaro Thenu
Winger muda Eropa yang punya darah keturunan Maluku, Xiamaro Thenu, mengaku siap untuk membela Timnas Indonesia.

INDOSPORT. COM - Winger muda Eropa yang punya darah keturunan Maluku, mengaku siap untuk membela Timnas Indonesia.

Sosok winger muda Eropa yang dimaksudkan bernama Xiamaro Thenu. Ia merupakan pemain berusia 15 tahun yang musim depan gabung klub top Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Soal status kewarganegaraan, Xiamaro memang tercatat sebagai warga negara Belanda dan diketahui memiliki darah Maluku. Xiamaro mendapat darah Maluku tersebut dari garis keturunan ayahnya. 

"Saya mendapatkannya (darah Maluku) dari ayah saya," ujar Xiamaro kepada INDOSPORT.

Fakta Xiamaro yang berdarah Maluku, tentu membuatnya suatu saat nanti berpeluang membela Timnas Indonesia. Ketika ditanya tentang potensi menjadi bagian dari Skuat Garuda, Xiamaro ternyata menjawabnya dengan antusias.

Eksklusif kepada awak media INDOSPORT, Xiamaro mengaku sangat siap apabila diminta bermain untuk Timnas Indonesia. Bagi Xiamaro, sungguh menyenangkan jika bisa mengabdi kepada tanah leluhurnya.

"Saya akan senang sekali bila bisa bermain untuk Indonesia. Pasti menjadi hal yang sungguh menyenangkan bertarung membela darah asal saya sendiri," ungkap Xiamaro.

Namun, harus diakui, perjalanan Xiamaro agar bisa memperkuat Timnas Indonesia masih sangat jauh. Usia Xiamaro begitu muda, dan perlu mendapatkan jam terbang lebih banyak lagi.

Kebetulan, musim depan Xiamaro bakal menapaki sebuah tahap peningkatan karier yang lumayan. Xiamaro diboyong oleh klub top Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem, dari akademi yang dibelanya kini, SV Houten.

Gaya permainan, Xiamaro adalah tipe yang terbiasa menempati posisi winger kanan. Mengandalkan kekuatan kaki kiri, Xiamaro kerap melakukan gerakan cut inside, seperti idolanya, Lionel Messi.

Patut dinanti, apakah Xiamaro dapat mewujudkan keinginannya membela Timnas Indonesia? Biar waktu yang menjawabnya.